• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 19 Mei 2024

Pendidikan

Ratusan Karya Sivitas Akademik UIN Malang Diboyong ke Belanda

Ratusan Karya Sivitas Akademik UIN Malang Diboyong ke Belanda
Sejumlah karya sivitas akademika Fakultas Humaniora UIN Malang yang bakal diboyong ke Belanda. (Foto: NOJ/ Humas UIN Malang).
Sejumlah karya sivitas akademika Fakultas Humaniora UIN Malang yang bakal diboyong ke Belanda. (Foto: NOJ/ Humas UIN Malang).

Malang, NU Online Jatim

Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang menerima kunjungan Perwakilan Koninklijk Institut voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV) Jakarta, Selasa (24/01/2023). Staff KITLV Jakarta, Dini Aryani dan Wulandari ditemui oleh pimpinan Fakultas Humaniora di ruang Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang.


Dini Aryani menjelaskan, maksud dan tujuan kedatangannya ke Fakultas Humaniora UIN Malang adalah untuk meminta koleksi karya-karya sivitas akademika Fakultas Humaniora terkait dengan kajian sosial humaniora dan ke-Indonesiaan.


Selanjutnya, karya-karya sivitas akademika UIN Malang nantinya akan dikatalogisasi. Kemudian, akan dikirim ke perpustakaan Universitas Leiden, Belanda, untuk diarsip secara digital.


"Kami meminta koleksi dari Fakultas Humaniora untuk dikatalogisasi, diarsip, serta kemudian disimpan di perpustakaan Universitas Leiden," jelas Dini Aryani.


Sementara itu, Dekan Fakultas Humaniora Dr M Faisol menyambut baik maksud dan tujuan kedatangan pihak KITLV-Jakarta. Menurutnya, adanya KITLV Jakarta menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas akademik, terlebih di Fakultas Humaniora UIN Malang.


"Terima kasih atas kunjungannya. Fakultas Humaniora berharap kunjungan ini dapat membuka kerja sama untuk peningkatan akademik di fakultas ini," bebernya.


Dalam kesempatan tersebut, ratusan karya sivitas akademika Fakultas Humaniora, baik dari dosen maupun mahasiswa, diserahkan langsung kepada perwakilan KITLV Jakarta oleh Dekan Fakultas Humaniora.


”Koleksi ini merupakan hasil dari karya dosen, dan sebagian besar yang lain adalah produk perkuliahan yang menerapkan kurikulum berbasis OBE,” jelasnya.


Senada dengan itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora Dr Halimi saat ditemui menyatakan, permintaan KITLV Jakarta atas koleksi karya sivitas akademika Fakultas Humaniora merupakan bentuk kepercayaan pihak luar terhadap kualitas publikasi di Fakultas Humaniora.


"Kita bersyukur, koleksi teman-teman di Fakultas Humaniora menarik perhatian KITLV Jakarta. Ini merupakan bentuk rekognisi yang luar biasa terhadap fakultas," tegasnya.


Sebagai informasi, KITLV Jakarta adalah perwakilan KITLV Leiden yang menaruh perhatian pada penghimpunan buku-buku dan majalah dalam bidang ilmu sosial dan kemanusiaan dari instansi pemerintah, swasta, universitas, atau terbitan komersial umum dan terbuka. Selanjutnya disimpan di Perpustakaan Universitas Leiden dalam bentuk asli, digital dan atau mikrofilm.


Pendidikan Terbaru