• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Pendidikan

Perhatikan Lansia Komorbid, RSI Unisma Bersama Puskesmas Dinoyo Gelar Vaksinasi

Perhatikan Lansia Komorbid, RSI Unisma Bersama Puskesmas Dinoyo Gelar Vaksinasi
Vaksinasi untuk lansia yang digelar RSI Unisma dan Puskesmas Dinoyo di Malang. (Foto: NOJ/Humas RSI Unisma)
Vaksinasi untuk lansia yang digelar RSI Unisma dan Puskesmas Dinoyo di Malang. (Foto: NOJ/Humas RSI Unisma)

Malang, NU Online Jatim

Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) bersama Puskesmas Dinoyo menggelar vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Puskesmas Dinoyo, Kota Malang, Selasa (16/11/2021).

 

Vaksinasi kali ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif. Sedangkan jumlah total peserta vaksinasi kali ini sejumlah 189, dengan rincian 74 peserta lansia komorbid, dan sisanya bukan lansia akan tetapi memiliki komorbid.

 

Berbeda dengan vaksinasi lansia pada umumnya, kali ini peserta vaksinasi difasilitasi secara langsung untuk melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter spesialis penyakit dalam RSI Unisma, dr HR Muhammad Hardadi Airlangga.

 

"Bermula dari data yang ada bahwa masih terdapat banyak lansia yang belum tervaksin karena komorbid dan penyakit penyerta yang lainnya. Oleh karenanya kami (RSI Unisma-red) bersama Kepala Puskesmas Dinoyo, dr Ida Megawati, bekerja sama untuk memberikan fasilitas vaksinasi serta konsultasi kesehatan untuk lansia di lima Kelurahan, yakni Dinoyo, Ketawang Gede, Sumbersari, Merjosari, dan Tlogomas," kata dr HM Henalsyah, Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan RSI Unisma kepada NU Online Jatim melalui telepon, Rabu (17/11/2021).

 

Dokter Acha, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa percepatan vaksinasi harus tetap dilaksanakan untuk memulihkan keadaan yang ada.

 

"Herd Immunity harus segera terbentuk dengan optimal. Sementara itu, lansia juga harus tertangani untuk vaksinasi, dikarenakan lansia merupakan salah satu orang yang berisiko terpapar Covid-19 paling tinggi," tambahnya.

 

Ia juga menyampaikan bahwa manfaat vaksinasi bagi pasien lansia komorbid lebih penting dari pada efek sampingnya.

 

"Kami berharap kerjasama semacam terus dilakukan. RSI Unisma selalu siap memfasilitasi masyarakat untuk menjaga kesehatan klalayak umum," tutup Dokter Acha.

 


Pendidikan Terbaru