• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Pendidikan

Pramuka Racana KH Oesman Mansur Unisma Sukses Gelar Bina Masyarakat 2020

Pramuka Racana KH Oesman Mansur Unisma Sukses Gelar Bina Masyarakat 2020
Pramuka Racana KH Oesman Mansur dan Nyai Khoiriyah Hasyim Pangkalan Unisma. (Foto: NOJ/Humas)
Pramuka Racana KH Oesman Mansur dan Nyai Khoiriyah Hasyim Pangkalan Unisma. (Foto: NOJ/Humas)

Malang, NU Online Jatim

Pramuka Gugus Depan Kota Malang (04361-04362) Racana KH Oesman Mansur dan Nyai Khoiriyah Hasyim Pangkalan Universitas Islam Malang (Unisma) mengadakan kegiatan bina masyarakat Bakti Tunas Kelapa (BKT) tahun 2020 yang bertempat di Desa Selorejo, Dau, Malang pada Sabtu (31/10/2020).

 

BKT 2020 merupakan kegiatan yang akan membawa Pramuka Penegak untuk bersikap kritis, kreatif, inovatif dan peka terhadap lingkungannya. Kegiatan ini juga mengajarkan para Pramuka Penegak bagaimana menunjukkan eksistensinya dalam lingkungan masyarakat.

 

Dengan diadakannya workshop dan penyuluhan ini, diharapkan para Pramuka Penegak bisa mengimplementasikan langsung ke lapangan dalam kegiatan bina masyarakat.

 

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak Pramuka Penegak tingkat SMA/MA/SMK/Sederajat se-Malang Raya agar selalu mempertahankan eksistensi kepramukaan pada masa pandemi Covid-19, serta dapat menjadikan mereka sebagai pramuka yang inovatif dan kreatif dalam menghadapi masa sulit dengan tetap bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujar perwakilan Kwartir Daerah Jawa Timur saat membuka kegiatan.


Kak Dandi Usman selaku Dewan Kehormatan juga berpesan, bahwa bina masyarakat ini sebagai upaya agar para Penegak Pramuka lebih tanggap untuk terjun ke masyarakat.

 

“Kegiatan BKT merupakan wujud pengabdian masyarakat atau bina masyarakat dari racana Islam Unisma yang melibatkan beberapa pangkalan penegak di malang raya yang bertujuan untuk melatih seorang Pramuka tanggap terhadap segala kemungkinan bencana yang terjadi di masyarakat," jelasnya.

 

Maka dari itu, harapannya kegiatan ini bisa berlanjut untuk kedepannya dengan manfaat yang lebih luas untuk masyarakat.

 

“Semoga kegiatan Bakti Tunas Kelapa (BTK) di masa mendatang bisa dilaksanakan dengan lebih baik dari tahun ini. Semoga rekan kerja dan semua kalangan yang terlibat mendapatkan manfaat,” terang Kak Ayutika selaku Dewan Kehormatan.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kak Yussri Ruqoiyati selaku ketua pelaksana kegiatan BKT 2020 menyampaikan harapannya, bahwa kegiatan ini bisa menjadi wadah potensial Pramuka Penegak dalam mengabdi kepada masyarakat.

 

“Semoga kegiatan Bakti Tunas Kelapa ini kedepannya semakin menjadi wadah yang potensial bagi para pramuka penegak dalam melaksanakan AD/ART gerakan pramuka yaitu bina masyarakat. Saya berharap kegatan bina masyarakat ini nantinya dapat menjangkau daerah yang memang membutuhkan serta dapat bekerja sama dengan berbagai pihak yang memang ahli dibidangnya," ucapnya.

 

 

Editor: Risma Savhira


Pendidikan Terbaru