• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Januari 2023

Pendidikan

Rektor UIN Malang: Pendidikan Berperan dalam Pembentukan Karakter

Rektor UIN Malang: Pendidikan Berperan dalam Pembentukan Karakter
Suasana wisuda yang dilaksanakan secara tatap muka kedua setelah dua tahun pandemi di UIN Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Suasana wisuda yang dilaksanakan secara tatap muka kedua setelah dua tahun pandemi di UIN Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar rapat terbuka senat dalam rangka wisuda program sarjana dan pascasarjana periode IV tahun 2022. Pelaksanaan wisuda secara tatap muka kedua setelah dua tahun pandemi yang digelar outdoor ini bertempat di lapangan utama UIN Malang, Sabtu (19/11/2022).


Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin mengucapkan rasa bangga kepada seluruh orang tua wisudawan yang hadir sebab telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi seorang sarjana. Hal penting yang harus dimiliki oleh seorang yang terpelajar adalah sikap tawadhu’ atau rendah hati. Mengutip firman Allah SWT dalam QS (12:76) bahwa di atas orang hebat (berilmu) masih ada yang lebih hebat.


"Jadilah kamu orang yang rendah hati, seperti bintang di atas permukaan air bening yang tampak rendah, padahal sesungguhnya ia tinggi. Dan janganlah kamu seperti asap yang membumbung tinggi ke atas udara padahal sesungguhnya ia rendah," katanya.


Dijelaskan, pendidikan merupakan tanggung jawab semua manusia dari keluarga, masyarakat, pemerintah, lembaga dan lain-lain. Dengan kualitas pendidikan yang baik akan mengantarkan manusia siap mengahadapi tantangan zaman.


"Saat ini Indonesia tidak hanya menghadapi masyarakat ekonomi Asia namun juga ekonomi global, sehingga sumber daya manusia Indonesia harus betul-betul dipersiapkan sebaik mungkin melalui jalur pendidikan," jelasnya.


Menurutnya, persaingan tersebut tidak hanya dalam bidang ekonomi, melainkan dari budaya, teknologi, nilai hidup dan hal lainnya. Menyadari kompleksnya peluang tantangan tersebut, SDM Indonesia harus cerdas, produktif, kreatif, inovatif dan berperadaban yang unggul," tambah pria kelahiran Bojonegoro tersebut.


Maka dari itu pendidikan sangat berperan dalam mewujudkan hal tersebut tidak hanya untuk memberikan informasi keilmuan masing-masing, melainkan untuk pembentukan karakter dan pengembangan manusia seutuhnya.


"Maka alumni UIN Malang harus berperan dalam memajukan agama, bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.


Untuk diketahui, prosesi wisuda yang dilaksanakan secara outdoor ini tetap berjalan khidmat walaupun sebelumnya sempat diguyur hujan lebat.


Pendidikan Terbaru