• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Pendidikan

Rektor Unisma Ajak Masyarakat Lawan Terorisme

Rektor Unisma Ajak Masyarakat Lawan Terorisme
Prof Maskuri, Rektor Unisma. (Foto: NOJ/MI)
Prof Maskuri, Rektor Unisma. (Foto: NOJ/MI)

Malang, NU Online Jatim

Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof Maskuri tidak tinggal diam terkait aksi bom bunuh diri di depan gereja katedral Makassar, Ahad (28/03/2021). Dirinya mengimbau agar masyarakat tidak takut dan tidak terpancing atas adanya insiden itu. Karena tindakan teror itu dilakukan oleh orang yang tidak beragama.

 

“Kami berharap masyarakat tidak terpancing dengan adanya pengeboman di Makassar. Dengan ini saya mengutuk tindakan pengeboman itu. Mari kita menjunjung tinggi Islam sebagai agama toleran, apalagi menjelang bulan suci Ramadlan seperti saat ini,” katanya.

 

Prof Maskuri mengungkapkan, bahwa Unisma telah menyiapkan tindakan preventif untuk mencegah tumbuhnya paham-paham radikalisme di kampus. Unisma membentengi mahasiswanya melalui kegiatan-kegiatan keislaman.

 

“Kami membentengi mahasiswa dengan ibadah sehari-hari. Seperti membaca shalawat, istighosah supaya hati senantiasa sejuk. Inilah yang nantinya dapat menumbuhkan nilai-nilai toleran,” ungkapnya.

 

Tidak hanya itu, mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah yang menekankan agar mahasiswa tidak terlibat dalam tindakan terorisme. Hal ini diberikan Unisma melalui character building dalam proses pembelajaran.

 

“Saya rasa kejadian teror ini hanya ingin membuat kacau saja. Indonesia ini dibagun di atas satu prinsip perdamaian dunia. Prinsip bersatu jadi kunci utama dalam agama Islam. Mereka yang melakukan tindakan tersebut sesungguhnya tidak beragama,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru