• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Januari 2023

Pendidikan

RSI Unisma Promosi Kesehatan Rumah Sakit di Lingkungan Sekolah

RSI Unisma Promosi Kesehatan Rumah Sakit di Lingkungan Sekolah
RSI Unisma promosi kesehatan rumah sakit di lingkungan sekolah. (Foto: NOJ/humas)
RSI Unisma promosi kesehatan rumah sakit di lingkungan sekolah. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim
Peringatan Hari Anak di masa pandemi Covid-19 merupakan momentum untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak, terutama kesehatan dan kebahagiaan anak.


Sebagai salah satu bentuk komitmen Rumah Sakit Islam Universitas Islam Malang (RSI Unisma) di dalam pelayanan kepada pasien, maka di dalam memperingati hari anak nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli RSI Unisma mengadakan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di TK Dharma Wanita, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.


Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan memberikan penyuluhan langsung oleh dr Ratih Oktaviana dengan tema bertajuk ‘Dampak Pandemi Covid Bagi Kesehatan Psikososial, Mental dan Kognitif Anak Usia Sekolah’.


Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir tiga tahun ini tentu sangat berpengaruh dan membuat banyak perubahan terhadap tumbuh kembang anak terutama pada aspek kognitif, mental dan sosial.


Antusias dan interaksi orang tua wali murid yang menghadiri kegiatan penyuluhan ini sangat besar. Beberapa pertanyaan dihadirkan oleh wali murid, seperti yang ditanyakan tips agar anak tidak kuper saat bersekolah? Tim Humas, Hukum dan Pemasaran RSI Unisma juga memberikan hadiah dan souvenir kepada wali murid yang berinteraksi melalui pertanyaan tersebut.


“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan PKRS dari RSI Unisma ini bisa membuka cakrawala pengetahuan orang tua tentang arti pentingnya kesehatan dan psikologis terutama bagi anak usia dini,” ujar Irma Damayanti S.Pd, Kepala Sekolah TK Dharma Wanita.


Dalam kegiatan PKRS RSI Unisma ini, dr Ratih Oktaviana berharap para orang tua anak-anak usia pra sekolah untuk tetap pro aktif mendampingi dan membimbing anak-anak dalam masa perkembangan.


Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, bukan hanya kesehatan diri tetapi kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Pertama, orang tua ikut proaktif dampingi tumbuh kembang anak dari segala aspek. Kedua, berikan kegiatan-kegiatan positif untuk mendukung tumbuh kembang anak seperti kegiatan yang mengasah otak, mental, dan sosial. Terakhir, agar tetap sehat dan kuat maka jangan lupa memberikan asupan makanan bergizi, suplemen tambahan, imunisasi lengkap dan tetap mematuhi prokes.


Pendidikan Terbaru