• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Pendidikan

Seminarkan Kegiatan Pengmas agar Desa Bisa Mandiri

Seminarkan Kegiatan Pengmas agar Desa Bisa Mandiri
Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie dalam acara seminar tentang pengmas desa bisa mandiri. (Foto: NOJ/Humas Unusa)
Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie dalam acara seminar tentang pengmas desa bisa mandiri. (Foto: NOJ/Humas Unusa)

Surabaya, NU Online Jatim

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang selama ini dilakukan kalangan perguruan tinggi sebagai bentuk menjalankan Tri Dharma, diseminarkan dengan menghadirkan dua narasumber terkait, yakni Plt Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam dan Kepala BPSDM Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof Luthfiyah Nurlaela.

 

Dalam seminar nasional bertema Perguruan Tinggi Mengabdi Menuju Desa Mandiri sebanyak 217 makalah dipresentasikan. Jumlah itu berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Plt Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam dalam pengantarnya mengatakan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu kegiatan yang menjadikan ruang belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang kelas, laboratorium, dan perpusatakaan, tetapi semesta atau samudera kehidupan sebagai tempat menimba ilmu, mengasah diri dan mengembangkan kompetensi.

 

“Selama ini kita berpendapat bahwa kompetensi itu hanya bisa diperoleh di ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium, Padahal sumber ilmu ada di mana-mana, maka melalui MBKM filosofi dasar pendidikan kita kembalikan kepada khitahnya, menimba ilmu dari mana pun dan mengamalkan ilmu dimana pun,” katanya dalam keterangan tertulis diterima NU Online Jatim pada Selasa (16/11/2021).

 

Nizam mengajak kampus untuk terus meningkatkan pengabdiannya ke desa. “Dari 80 ribuan desa saat ini masih ada sekitar 27 ribuan desa dengan status tertinggal. Kalao desa tertinggal itu ada kantong-kantongan kemiskinan, kantong-kantong masalah Kesehatan, pendidikan dan masalah ekonomi, bisa dikeroyok dan selesaikan secara bersama-sama, bisa diselesaikan secara bersama-sama, maka desa kita akan lebih cepat maju dan sejahtera” ujarnya.

 

Sementara Kepala BPSDM Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof Luthfiyah Nurlaela, mengatakan, desa mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

 

“Melalui dana desa diharapkan akan tercipta desa mandiri. Karena itu penggunaan dana desa diarahkan untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioriotas nasional sesuai kewenangan desa, dan mitigasi bencana alam dan nonalam sesuai kewenangan desa,” katanya.

 

Pada bagian lain makalahnya, Guru Besar Universitas Negeri Surabaya itu mengatakan, dalam hal program MBKM terkait dengan desa, pendekatan program yang diambil sebaiknya dilaksanakan secara holsitik.

 

“Mengirim mahasiswa adalah salah satu contoh program. Aktivitasnya merupa merekrut dan membuka peluang mahasiswa yang ingin mengambil hak belajar 3 semester di luar program studi dalam bidang proyek di desa, mahasiswa bertugas mengajar, berkolaborasi terkait isu-isu di desa dan tinggal bersama masyarakat di desa selama satu tahun (2 semester) sekaligus menjadi  inspirasi dan motivasi untuk pemuda desa serta motor perubahan bagi pemangku kepentingan lain,” katanya.

 

Hal lainnya, kata Luthfiyah menambahkan, yang bisa dilakukan adalah bekerja intensif dan jangka panjang. Bentuknya menempatkan mahasiswa secara bergantian dan kontinu 3-5 tahun di sebuah desa binaan untuk memastikan perubahan yang berkelanjutan tanpa menciptakan ketergantungan kepada sebuah sosok atau program.

 

Menurutnya ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk membangun desa secara berkelanjutan dan menjadi desa mandiri. Tahap pertama, dalam hal pelibatan, yakni mahasiswa fokus menemukan aktor lokal dan melibatkannya dalam inisiatif tingkat desa hingga kabupaten yang berpotensi menggerakkan masyarakat di daerahnya.

 

Tahap Kedua, pengembangan. Mahasiswa fokus mengembangkan kapasitas para aktor lokal dengan menjejaringkan mereka dan membuka interaksi dengan entitas di luar kabupatennya, dan tahap ketiga, kolaborasi. Dimana mahasiswa fokus mendorong terjadinya  kolaborasi aktor lokal baik di daerahnya maupun dengan entitas lain di luar daerahnya.

 

Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie dalam sambutanya mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi kini tidak hanya berhenti pada laporan tapi dapat ditulis pada jurnal dan diseminarkan sepertyi saat ini. “Melalui seminar seperti inilah pengalaman terjun ke masyarakat dalam bentuk pengabdian pada masyarakat bisa dipertanggungjawabkan dan didesiminasikan lebih luas lagi. Ini adalah bagian dari tanggungjawab keilmuan,” katanya.


Pendidikan Terbaru