• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pendidikan

Tim KSM 5 Unisma Edukasi Ibu-ibu PKK tentang Pentingnya Investasi

Tim KSM 5 Unisma Edukasi Ibu-ibu PKK tentang Pentingnya Investasi
Edukasi investasi pasar modal. (Foto: NOJ/humas)
Edukasi investasi pasar modal. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia masih saja belum berakhir. Hal ini sangat berdampak terhadap masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang ada di pedesaan. Perekonomian di masyarakat juga ikut menurun akibat kurangnya penghasilan atau pendapatan di masa pandemi ini. Oleh karena itu mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Universitas Islam Malang (Unisma) Kelompok 5 bersama anggota Galeri Investasi mengadakan kegiatan edukasi tentang pentingnya investasi di pasar modal.

 

Investasi di pasar modal menjadi salah satu alternatif untuk dapat menambah pendapatan karena teknis berinvestasi yang terbilang cukup mudah karena berinvestasi bisa dilakukan hanya melalui platform teknologi hanya dengan mendownload aplikasi sudah dapat melakukan investasi baik saham, reksadana, ETF maupun obligasi.

 

Edukasi ini diadakan di Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau dan dihadiri oleh 22 ibu-ibu PKK yang ada di desa tersebut. Acara edukasi ini dilaksanakan melalui via Zoom dan diadakan di tempat Balai Dusun Sumbersekar. Meskipun begitu acara ini tetap dijalankan sesuai aturan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah virus Covid 19. Acara edukasi ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Kepala Kantor Perwakilan BEI jawa timur. Serta menghadirkan pemateri yaitu Asikin Ashar, Trainer BEI Jawa Timur dan Ammi Nabila Fauzi, Branch Manager Ipot Malang.

 

“Pada masa pandemi semua kegiatan dibatasi. Hal ini sangat berdampak bagi semua aspek kehidupan salah satunya perekonomian di masyarakat karena menurunya pendapatan,” ungkap Asikin Ashar selaku pemateri pada acara edukasi ini, Sabtu (14/08/2021).

 

Semua kegiatan dilakukan secara online maka dari itu dirinya mengajak masyarakat agar beradaptasi dan menyesuaikan dengan kondisi. Salah satunya dengan melakukan investasi yang bisa dilakukan dari rumah dan hal itu jika dilakukan dengan benar dapat menambah pintu rejeki atau pendapatan kita.

 

Kegiatan edukasi dilaksanakan dengan baik. Para peserta antusias dalam mendengarkan materi yang diberikan oleh dua narasumber yang ada. Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab, salah satunya adalah pertanyaaan diajukan oleh Ibu Franda, salah satu anggota PKK.

 

“Apabila perusahaan mengalami kebangkrutan apakah dana akan kembali 100 persen?,” tanyanya.

 

Ammi Nabila Fauzi, Branch Manager Ipot Malang menjawab bahwa resiko paling buruk jika perusahaan bangkrut maka dana belum tentu akan kembali 100 persen bahkan hilang atau tidak dapat dikembalikan.

 

“Ini merupakan sebuah resiko pembelian saham pada perusahaan yang buruk jika sampai mengalami kebangkrutan. Tetapi ada cara mengatisipasinya yaitu dengan membeli saham pada perusahaan perusahaan yang sudah dikenal luas dan dari Bursa Efek Indonesia sendiri sudah terdapat list-nya,” jawabnya.

 

Penulis: Wanda Alisah Sastiana


Pendidikan Terbaru