• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Pendidikan

Unisma Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur RPL, Cek Syaratnya

Unisma Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur RPL, Cek Syaratnya
Unisma Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur RPL. (Foto: NOJ/ ISt)
Unisma Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur RPL. (Foto: NOJ/ ISt)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) jalur non reguler program akademik Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pendaftaran jalur RPL berakhir pada 1 Maret 2024 mendatang.

 

Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang sempat drop out (DO) atau putus kuliah serta pekerja profesional yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Dengan program RPL, mahasiswa dapat berkuliah dengan mengonversi pengalaman kerja, sertifikasi menjadi SKS. Sehingga lama studi juga bisa selesai lebih singkat, sekitar satu atau dua tahun.

 

Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Unisma, Dr Muhammad Fahmi Hidayatullah MPdi menyampaikan, bagi mahasiswa yang putus kuliah bisa mengikuti program RPL di Unisma dengan skema transfer SKS dari Kemendikbud.

 

“Syaratnya ada transkip nilai dari perguruan tinggi yang pernah di tempuh. Sehingga SKS yang pernah ditempuh bisa dikonversikan dengan SKS yang ada di Unisma melalui proses asesmen pada pendaftaran. Setelah asesmen baru SKS yang terkonversi dapat diketahui. Sementara sisa SKS, di tempuh melalui proses perkuliahan melalui hybrid learning kolaborasi online dan offline,” ujarnya, Jumat (23/02/2024) dilansir dari tugumalang.id.

 

Fahmi menambahkan, skema ini juga berlaku bagi pekerja profesional dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun. Pengalaman itu dibuktikan dengan surat keterangan kerja terhitung mulai dan setifikat kompetensi atau penghargaan atau prestasi yang pernah diperoleh.

 

“Proses asesmen sama, hasilnya nanti perolehan sks dalam skema Kemendikbud, sisa SKS ditempuh melalui perkuliahan,” jelasnya.

 

Ia melanjutkan, peminat program akademik RPL Unisma cukup banyak. Tercatat, sudah ada puluhan mahasiswa yang mendaftar. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat pendaftaran masih terbuka.

 

“Pendaftarnya cukup banyak. Ada yang mendaftar di prodi Hukum, Teknik Sipil, Pendidikan Bahasa Inggris, juga di Pendidikan anak Usia Dini, namun masih belum semua prodi,” terangnya.

 

Diketahui, Unisma sendiri dipercaya menjadi penyelenggara program Rekognisi Pembelajaran Lampau atau RPL Tipe A1 dan A2. Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi situs @lpprp.unisma.ac.id.


Pendidikan Terbaru