Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Anak Telantar dan Kemiskinan Jadi Prioritas Menteri Sosial Baru

Anak Telantar dan Kemiskinan Jadi Prioritas Menteri Sosial Baru
Tri Rismaharini usai pelantikan sebagai Menteri Sosial RI. (Foto: NOJ/ls)
Tri Rismaharini usai pelantikan sebagai Menteri Sosial RI. (Foto: NOJ/ls)

Surabaya, NU Online Jatim

Tri Rismaharini yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo merupakan harapan baru bagi Kementerian Sosial RI. Dalam sambutannya, ada empat poin yang menjadi sorotan penting bagi Bu Risma saat menjabat sebagai Menteri Sosial RI.

 

Pertama, perbaikan data untuk penerima bantuan sosial yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dan perguruan tinggi.

 

“Perguruan tinggi adalah mitra strategis. Akan lebih baik jika kami melibatkan perguruan tinggi dalam implementasi di lapangan. Sehingga hasilnya bisa dilihat dan bisa dievaluasi bersama,” katanya.

 

Kedua, program pemberdayaan, pendidikan, dan kesehatan bagi anak-anak terlantar.

 

“Anak-anak akan didorong tidak hanya sekedar menengadahkan tangan, tetapi dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat. Program ini termasuk bagi kalangan disabilitas dan anak jalanan,” ungkapnya.

 

Ketiga, program pemberdayaan bagi keluarga miskin. Program ini akan bekerja sama dengan beberapa kementerian, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.

 

“Yang utama adalah dengan membentuk koperasi di tingkat desa, kelurahan, hingga kecamatan dengan memanfaatkan para ibu untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran keluarga,” jelasnya.

 

Keempat, jaminan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak terlantar.

 

“Kita ingin anak-anak terlantar juga mendapatkan akses pendidikan yang sama,”

 

Dirinya berharap, keempat program prioritas ini dapat dikerjakan semaksimal mungkin sehingga dapat mempercepat penanganan masalah-masalah sosial.

 

“Jika kita bisa bersama-sama membangun percepatan untuk mengurangi kemiskinan, memberdayakan anak-anak terlantar, maka berbagai masalah sosial bisa ditangani secara komprehensif dan terintegrasi,” pungkasnya.

F1 Promosi Iklan