Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Cara Sederhana Bisa Menulis dengan Mudah

Cara Sederhana Bisa Menulis dengan Mudah
Syaifullah, Pemred NU Online Jatim (kaos putih) saat memberikan tips menulis. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).
Syaifullah, Pemred NU Online Jatim (kaos putih) saat memberikan tips menulis. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).

Ponorogo, NU Online Jatim

Kedatangan Syaifullah, Pemimpin Redaksi (Pemred) NU Online Jatim tidak disia-siakan begitu saja oleh sejumlah anak muda tim kreatif NU Care – Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ponorogo, Ahad (21/02/2021) pagi buta. Sejatinya, Syaiful akan menjadi pemateri pada Kelas Jurnalistik yang diadakan Media Center Pelajar NU Ponorogo.

 

Sebelum menghadiri acara tersebut, pria yang juga Pemred Majalah Aula itu dijemput oleh Muhammad Zen, kontributor NU Online Jatim untuk wilayah Ponorogo. Pantas mereka bisa saling berkomunikasi karena ada hubungan di NU Online Jatim.

 

Sekitar pukul 03:00 WIB Syaiful tiba di kantor NU CARE-LAZISNU Kabupaten Ponorogo, Jl Gondosuli No 21. Selanjutnya, ia beristirahat untuk sedikit melepas lelah setelah perjalanan menuju Ponorogo.

 

Usai beristirahat dan membaca Al Qur'an, Syaiful mulai mengajak berbincang-bincang tim NU Care-LAZISNU Kabupaten Ponorogo yang belum pulang karena harus lembur buletin. Karena mereka tahu didepan mata adalah sumber ilmu menulis, tim media NU Care-LAZISNU Kabupaten Ponorogo tak ingin menyia-nyiakan waktu, kuliah subuh tentang jurnalistik dilangsungkan.

 

Abdullah, bagian tim kreatif NU Care-LAZISNU Ponorogo bertanya mengenai cara untuk dapat menulis dengan baik dan benar. Hingga akhirnya dialog terjadi. "Saya kesulitan menulis, karena setelah jadi, tulisan saya baca, seperti berputar-putar," katanya.

 

Abdullah lulusan sarjana Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Sunan Giri (Insuri) itu juga mengaku sempat sering bingung dalam mengawali sebuah cerita. "Selain itu, sempat bingung memulai dari mana," terangnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Syaiful memberikan beberapa cara menulis. "Sebetulnya menulis itu mudah. Dan itu bukan alasan untuk tidak menulis," tegasnya.

 

Untuk dapat menulis, lanjutnya, ada beberapa teknik. Diantaranya dengan memanfaatkan teknologi. "Nanti dicoba dulu dengan voice recording, kemudian ditulis. Nah selanjutnya sampean ikut pelatihan pagi ini ya," ajaknya.

 

Sementara itu, Yoga tim kreatif juga meminta masukan terkait buletin NU Care-LAZISNU Kabupaten Ponorogo. "Alhamdulillah, tadi dapat masukan mulai dari sampul, isi dan foto. Kedepan kami akan lebih baik lagi seperti arahan ‘suhu’ kita, yang sudah puluhan tahun menjadi orang terpenting di majalah Aula dan NU Online," pungkasnya.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah