Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Jatim Imbau Pengurus dan Nahdliyin Sukseskan Vaksinasi Covid-19

NU Jatim Imbau Pengurus dan Nahdliyin Sukseskan Vaksinasi Covid-19
PWNU Jatim mengimbau pengurus hingga Nahdliyin menyukseskan vaksinisasi Covid-19. (Foto: NOJ/Ist)
PWNU Jatim mengimbau pengurus hingga Nahdliyin menyukseskan vaksinisasi Covid-19. (Foto: NOJ/Ist)

Surabaya, NU Online Jatim

Program vaksinasi Covid-19 telah dimulai oleh Presiden RI, Joko Widodo hari ini, Rabu (13/01/2021). Sejumlah pejabat penting di tingkat pusat dipastikan disuntik vaksin.

 

Pada gilirannya, kegiatan serupa akan menyentuh kawasan di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Sehingga diharapkan seluruh penduduk negeri mendapatkan vaksin antri virus Corona secara merata.

 

Terhadap upaya pemerintah ini, pengurus Wilayah nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur telah mengeluarkan imbauan. Dan surat tersebut ditujukan tidak semata kepada para fungsionaris jamiyah di tingkat kabupaten dan kota, hingga ranting. Bahkan kepada warga NU secara umum di akar rumput.

 

“Sehubungan dengan akan di laksanakannya program vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat, maka dengan ini PWNU menghimbau kepada seluruh pengurus dan warga untuk berperanserta dan membantu kelancaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” kata surat tertanggal 13/01/2021 tersebut, 

 

Pada edaran yang ditandatangani Rais dan Katib, Ketua dan Sekretaris PWNU Jatim tersebut disebutkan berdasarkan sejumlah pertimbangan.

 

“Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/4/1/2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” kata surat itu.

 

 

Pertimbangan berikutnya adalah fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life ScienceCo. LTD China dan PT Bio Farma (Persero).

 

“Hasil bahtsul masail PWNU Jawa Timur tentang diperbolehkannya penggunaan vaksin yang sudah teruji kemanfaatannya untuk menambah kekebalan kesehatan dan imunitas tubuh di masa pandemi,” ungkap surat tersebut. 

 

Serta persetujuan penggunaan vaksin Covid-19 oleh Badan POM yang berdasar dari uji klinik dan evaluasi keamanan, khasiat dan mutu dengan merujuk kepada standar Internasional WHO Emergency Listing, US Food and Drug Administration  / US FDA (EUA), dan European Medicines Agency / EMA (Conditional Approval).

 

“Keputusan berdasarkan hasil rapat PWNU Jawa Timur pada hari Selasa, 12 Januari 2021,” jelas surat yang sudah beredar luas itu. 

 

“Dengan ini PWNU Jawa Timur mengimbau kepada seluruh pengurus dan warga Nahdlatul Ulama se-Jawa Timur untuk berperanserta dan membantu kelancaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang secara serentak kegiatannya dimulai pada tanggal 13 Januari 2021,” harap surat itu.

PWNU Jatim