• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Rehat

Berharap Akhir Pekan Miliki Ide Kreatif? Amalkan Doa Berikut

Berharap Akhir Pekan Miliki Ide Kreatif? Amalkan Doa Berikut
Doa berikut ini sangat disarankan untuk dibaca agar gampang menemukan ide kreatif. (Foto: NOJ/KJr)
Doa berikut ini sangat disarankan untuk dibaca agar gampang menemukan ide kreatif. (Foto: NOJ/KJr)

Untuk dapat memiliki ide kreatif, dibutuhkan banyak piranti pendukung. Suasana lingkungan yang kondusif, badan yang bugar, serta yang tidak kalah penting adalah ketenangan batin yang didapat dari doa.


Tidak mengherankan kalau sejumlah kalangan rela melakukan perjalanan jauh demi mencari tempat yang mendukung tersebut. Berada di pinggir pantai, menjangkau pegunungan, serta menikmati suasana dengan penuh penghayatan. 


Namun namanya juga kondisi hati, terkadang tidak menentu. Sekali waktu dihadapkan pada situasi sumpek, jenuh, dan buntu dalam berpikir. Meski aneka usaha dilakukan, akan tetapi relaitanya tidak semudah yang dibayangkan.


Dalam situasi galau, resah, gelisah dan susahnya keluar ide kreatif, ada sejumlah doa yang disarankan untuk dibaca ketika menghadapi situasi demikian. Doa ini diharapkan dapat membuat terang pikiran. 


 اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا


Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.


Artinya: Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya. 

 

Artikel diambil dariDoa Pikiran Terang dan Ide Inspiratif


Doa ini diharapkan dapat membuka jalan pikiran yang macet dan buntu serta membuka jalan bagi inspirasi-inspirasi yang cemerlang. Doa ini dikutip dari kitab Majmu’ Syarif. Semoga doa ini bermanfaat bagi kita semua, amin ya rabbal alamin. Wallahu a‘lam.


Rehat Terbaru