• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Keislaman

Memasuki Tahun 2022, Sempatkan Membaca Doa Ini

Memasuki Tahun 2022, Sempatkan Membaca Doa Ini
Saat pergantian tahun disarankan membaca doa. (Foto: NOJ/FPn)
Saat pergantian tahun disarankan membaca doa. (Foto: NOJ/FPn)

Biasanya, doa akhir dan awal tahun diperuntukkan untuk kalender hijriyah. Karena pada hakikatnya umat Islam menggunakan tahun tersebut untuk menandakan pergantian tahun. Namun tidak ada salahnya doa serupa dibaca saat tahun baru masehi, yakni 2022.
 

Paling tidak, ada hal harus diperhatikan dalam pergantian tahun, entah masehi atau hijriyah. Ada baiknya kalau kita mengakhiri tahun ini dengan pengakuan dosa dan permohonan ampun kepada Allah. Dan baik pula kalau kita memohon penerimaan amal baik yang serba kurang itu. Berikut ini doa yang dibaca Rasulullah SAW di akhir tahun. 
 

Doa ini disebutkan oleh Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar sebagai berikut:


 اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 
 

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 
 

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah. 

  

Dalam pandangan kami, segala doa baik layak untuk terus dibacakan sebagai bukti penghambaan dan keinginan diberikan rahmat dan perlindungan dari Allah SWT. Apalagi dalam pergantian tahun biasanya dilakukan evaluasi atas kinerja perusahaan dan usaha yang tengah digeluti. Demikian juga menyiapkan rencana terbaik untuk tahun depan.
 

Doa di atas sebaiknya dibaca sebanyak tiga kali dengan harapan saat ini menjadi akhir tahun yang baik. Semoga Allah menerima doa yang kita baca di akhir tahun ini. Wallahu a’lam.


Editor:

Keislaman Terbaru