• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Rehat

Teruslah Berdoa untuk Gemar Berbuat Baik

Teruslah Berdoa untuk Gemar Berbuat Baik
Teruslah berdoa agar memiliki kepedulian kepada sesama. (Foto: NOJ/Istimewa)
Teruslah berdoa agar memiliki kepedulian kepada sesama. (Foto: NOJ/Istimewa)

Tidak mudah memiliki kebulatan hati dan dimudahkan untuk terus berbuat baik. Banyak faktor yang mengakibatkan manusia berubah pikiran dan tabiat. Dengan mudah disaksikan mereka yang awalnya gemar ke masjid, majlis taklim dan berderma dalam keseharian, tiba-tiba berubah tabiat.

 

Karena itu, saat diri tengah gemar melakukan kebaikan, hendaknya hal tersebut disyukuri. pada saat yang sama juga meminta agar terus dijaga sehingga tetap berperilaku mulia. Memohon agar tidak dibelokkan hati dengan melakukan hal tercela.

 

Berikut ini merupakan salah satu doa yang dapat dibaca untuk melunakkan hati agar diringankan dan dimudahkan untuk berbuat baik.


 

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين


 

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.


Artinya, Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya, (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 49. 

 


Editor:

Rehat Terbaru