• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Mei 2022

Rehat

Kisah Hadiah Bacaan Al-Qur'an yang Diterima Ahli Kubur

Kisah Hadiah Bacaan Al-Qur'an yang Diterima Ahli Kubur
Bacaan Al-Qur'an akan diterima ahli kubur. (Foto: NOJ/LKi)
Bacaan Al-Qur'an akan diterima ahli kubur. (Foto: NOJ/LKi)

Alkisah, ada seorang kekasih Allah yang bermimpi melihat orang-orang keluar dari kuburan sambil berebut memunguti sesuatu. Tapi ia heran, karena ada seorang laki-laki tua yang nampak duduk tenang.

 

Lalu sang wali ini bertanya kepada laki-laki tadi mengapa hanya duduk tenang sementara yang lain berebut? Si laki-laki tadi menjawab, karena setiap hari anaknya rajin mengirim kebaikan. 

 

“Setiap hari anakku tak henti menghadiahi bacaan Fatihah dan khataman Al-Qur'an,” jawabnya.

 

Karena penasaran, sang wali menanyakan di mana sang anak tinggal.

 

“Ia berjualan di pasar,” jawabnya.

 

Untuk membuktikan mimpinya, sang wali ini melakukan investigasi ke pasar. Dan benar saja, di pojokan pasar ada seorang pemuda yang berjualan sambil mengaji.

 

Hari berlalu, kemudian sang wali bermimpi lagi. Orang-orang keluar dari kuburan sambil berebut sesuatu. Bedanya, ia tak lagi melihat laki-laki tua duduk tenang. Melainkan ikut berebut memungut sesuatu bersama yang lain.

 

Lalu sang wali bertanya pada lelaki tua tadi. 

 

“Mengapa sekarang kau tidak duduk tenang seperti dulu, melainkan ikut berebut?” 

 

Dengan wajah sedih, dirinya menjawab bahwa mulai saat ini tidak ada lagi yang menghadiahi bacaan Al-Qur’an seperti dulu.

 

“Mengapa?” tanya sang wali. 

 

“Karena anakku sudah tak ada lagi di dunia,” jawabnya.

 

Lalu sang wali datang ke pasar untuk membuktikan mimpinya. Ia tak menemukan lagi pemuda di pojokan pasar itu. Ternyata benar saja, pemuda itu sudah meninggal dunia.


Editor:

Rehat Terbaru