• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Tapal Kuda

5 Modal Utama Suksesnya Kaum Milenial menurut Gus Amak Pasuruan

5 Modal Utama Suksesnya Kaum Milenial menurut Gus Amak Pasuruan
Gus Amak Pasuruan dan host di ruang Podcast Korsuka Production. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Gus Amak Pasuruan dan host di ruang Podcast Korsuka Production. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan, Gus H M Nailurohman atau Gus Amak mengatakan, modal utama sukses kaum milenial ada lima. Pertama ilmu, kedua karakter, ketiga menghormati orang tua dan guru, keempat ridha Allah SWT, kelima adalah iman. Hal itu diungkapkan pada acara Podcast Charity FourTwenty di YouTube Korsuka Production, Selasa (28/03/2023).


"Modal utama menuju masa depan adalah ilmu, karena ilmu dapat menghapus kebodohan, meningkatkan kesejahteraan dan memuliakan kita dengan syarat mempunyai karakter," ujarnya.


Menurutnya, ilmu tanpa karakter akan rendah nilainya, karena yang membuat mahal adalah karakternya. Dan hari ini yang pantas untuk sukses adalah orang-orang yang berkarakter. Maka yang paling penting adalah manusia berkarakter, terlebih mudah diterima oleh semua orang, mudah beradaptasi dan bermanfaat dimana pun.


"Jika orang mempunyai akhlak yang baik banyak ilmu akan lebih mulia, kalaupun sedikit ilmunya akan tetap mulia," terangnya.


Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Jawa Timur (Jatim) ini menerangkan, hari ini yang dicari bukan hanya yang pintar, karena memintarkan orang itu mudah, tetapi membentuk karakter seseorang merupakan perjalanan yang panjang.


"Kita tidak mencari orang pintar, tetapi orang yang berkarakter. Ilmu tanpa karakter akan menyulitkan seseorang untuk menuju tangga kesuksesan," ungkapnya.


Pihaknya menjelaskan, mempunyai ilmu dan berkarakter pasti akan menghormati orang tua dan guru, keduanya sinkron karena tidak mungkin orang berilmu dan memiliki karakter tidak hormat kepada guru dan orang tuanya.


"Cara membuka kunci sukses adalah ridha dari orang tua dan guru. Kita mempunyai ilmu, karakter, hormat kepada guru dan orang tua namun tidak mendapatkan ridha, maka akan sia sia. Itu semua belum cukup jika tidak memiliki iman, iman adalah penggali dari semua,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru