• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Ansor-Banser Pasuruan Dirikan Posko Mudik Lebaran di 16 Titik

Ansor-Banser Pasuruan Dirikan Posko Mudik Lebaran di 16 Titik
Flyer sebaran posko mudik lebaran PC GP Ansor dan Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Flyer sebaran posko mudik lebaran PC GP Ansor dan Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Pasuruan mendirikan posko mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Posko mudik yang dibuka sejak Ahad (01/05/2022) hingga Rabu (04/05/2022) tersebut tersebar di 16 titik se-Kabupaten Pasuruan.


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan, Abdul Karim mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk syiar GP Ansor guna kepedulian kepada masyarakat. Selain itu, pendirian posko mudik ini merupakan instruksi Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-88 GP Ansor.


"Kegiatan ini kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa Ansor dan Banser juga siap membantu masyarakat yang sedang mudik ke kampung halaman masing-masing,” ujarnya, Rabu (04/05/2022).


Tak cukup itu, menurut Karim, hal ini untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa Ansor dan Banser kompak dan satu komando menjalankan perintah pimpinan. “Dengan ini kita tunjukkan bentuk kekompakan kita kepada masyarakat umum, khususnya dalam membantu warga,” katanya.


Sementara Bem Yusuf, pengurus GP Ansor Kabupaten Pasuruan lainnya menyebutkan, posko mudik tersebut tersebar di sejumlah Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor di Kabupaten Pasuruan. Menurutnya,di setiap posko telah disiapkan sejumlah fasilitas untuk melayani para pemudik.


“Di antaranya tempat beristirahat, sarana charger hp, bahkan ada pula makan dan minum gratis,” tuturnya.


Dirinya berharap kepada masyarakat yang hendak mudik agar melakukan vaksinasi Booster. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ia juga mengingatkan para pemudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


"Harapan kami kepada masyarakat yang mudik untuk melakukan vaksin Booster dan selalu mematuhi protokol kesehatan, serta menaati rambu rambu lalu lintas agar selamat,” tandasnya.


Adapun rincian lokasi posko mudik lebaran PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan ialah sebagai berikut. Yakni, PAC GP Ansor Tutur bertempat di depan Masjid Jamik An-Nur Nongkojajar, Balai Desa Tutur, dan Balai Desa Sumberpitu. Sementara PAC GP Ansor Rejoso ada 2 posko, yaitu di kawasan Kawisrejo dan Jarangan.


Untuk PAC GP Ansor Kecamatan Wonorejo mendirikan posko di Alun-alun Wonorejo, PAC GP Ansor Winongan di Jalan Raya Winongan, depan Kantor Kecamatan Winongan; PAC GP Ansor Lumbang di Jalan Raya Desa Cukurguling, sebelah utara kantor kecamatan; PAC GP Ansor Kraton di Masjid Gus Dur; PAC GP Ansor Grati di Jalan Raya Ngopak-Winongan, depan SLTP 1 Grati; PAC GP Ansor Sidogiri di depan Pasar Sidogiri.


Sedangkan PAC GP Ansor Pohjentrek di sebelah Poslantas Warungdowo; PAC GP Ansor Purwosari di Jalan Raya Surabaya-Malang, depan Pondok Pesantren Sirojudul Huda Purwosari; PAC GP Ansor Sukorejo di Jalan Raya Surabaya-Malang, depan NU Mart Sukorejo; PAC GP Ansor Kejayan di Jalan Pasuruan-Malang KM 70, depan Masjid Al-Mabrur Desa Sladi; dan PAC GP Ansor Lekok di Pertigaan Mangkrengan Lekok.


Tapal Kuda Terbaru