• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Ansor Pasuruan Buka Posko Makanan Gratis di Momen Haul Mbah Hamid

Ansor Pasuruan Buka Posko Makanan Gratis di Momen Haul Mbah Hamid
PC GP Ansor Kota Pasuruan saat berbagi makanan gratis saat Haul KH Abdul Hamid Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)
PC GP Ansor Kota Pasuruan saat berbagi makanan gratis saat Haul KH Abdul Hamid Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Pasuruan membuka posko ‘Berbagi Makanan Gratis’ saat momentum Haul KH Abdul Hamid Pasuruan ke-41, Rabu (05/10/2022). Giat yang terpusat di area Alun-alun Kota Pasuruan ini bekerja sama dengan pelaku UMKM dan Komunitas Ojek Online (Ojol) aktif di Kota Pasuruan.


Sekretaris PC GP Ansor Kota Pasuruan, Sulaiman mengatakan, pendistribusian makanan gratis dilaksanakan di pagi hari dengan kuota berjumlah 550 kotak. Persiapannya telah dilakukan sejak malam hari dan dipusatkan di Kafe Molak-Malik milik Ahmad Rofii, Wakil Sekretaris Departemen Perekonomian PC GP Ansor Kota Pasuruan.


“Jadi malam itu sudah siap, menunya ayam geprek. Pendistribusiannya fokus pada posko saja dan dibagikan pagi hari menjelang haul. Alasannya karena asumsi jamaah yang datang kalau pagi itu belum sempat sarapan,” tutur Sulaiman.


Ia mengaku, terjalinnya kerja sama antara PC GP Ansor Kota Pasuruan dengan Komunitas Ojol Kota Pasuruan karena antusias komunitas tersebut untuk menyambut acara haul. Sedangkan, sinergi dengan sejumlah pelaku UMKM diwujudkan dengan membagi-bagikan produk milik UMKM terkait pada jamaah secara cuma-cuma.


“Produk UMKM yang dibagikan sangat beragam. Mulai dari produk industri hingga makanan dan minuman, seperti jamu temulawak. Sisanya ada snack sebanyak 300 buah serta 20 kardus air mineral yang dibagi-bagikan,” imbuhnya.


Dirinya menjelaskan, giat ini sekaligus sebagai syiar bahwa PC GP Ansor juga memiliki banyak kegiatan positif yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyaraat sekitar. Hal ini selaras dengan slogan PC GP Ansor Kota Pasuruan, yakni ‘Bergerak dan Berdampak’.


“Sebenarnya program makan gratis ini sudah berjalan tiap hari, tapi ada momen ini jadi kita manfaatkan bagi-bagi dalam jumlah yang lebih banyak dan menggandeng sejumlah pihak. Semoga bisa jadi syiar bahwa Ansor punya banyak kegiatan positif,” katanya.


Sulaiman pun berharap agar program serupa dapat dilaksanakan kembali di haul KH Abdul Hamid Pasuruan untuk tahun selanjutnya. “Tentu, dengan bantuan yang lebih banyak serta dapat menjalin sinergi dengan lebih banyak pihak pula,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru