• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Asiknya Tradisi Bakar Sate Massal Ala Santri Bayt Al-Hikmah

Asiknya Tradisi Bakar Sate Massal Ala Santri Bayt Al-Hikmah
Bakar sate massal. (Foto: NOJ/Faisol)
Bakar sate massal. (Foto: NOJ/Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Ratusan santri Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan menyambut Hari Raya Idul Adha dengan bakar sate massal yang digelar di lapangan pondok pesantren setempat, Ahad (10/07/2022). Tradisi ini diawali dengan menyembelih hewan kurban, menyiapkan kantong daging, membagikan daging kurban lalu memasak dan makan daging kurban bersama-sama.

 

Panitia Idul Adha Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Syahril Rahmatullah mengatakan kegiatan ini digelar selain memperingati Idul Adha, juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan.

 

"Dalam kegiatan ini semua berkumpul bersama, mulai dari santri, staf pengajar dan pegawai untuk memeriahkan Idul Adha," katanya.

 

Menurutnya, para santri diajak untuk saling memperkuat kebersamaan dan solidaritas antara satu dengan yang lainnya yakni dengan kegiatan tersebut.

 

"Penguatan solidaritas itu salah satu tujuannya. Tapi tujuan yang paling utama adalah untuk meningkatkan kepekaan sosial para santri," ujarnya.

 

Syahril sapaan akrabnya mengungkapkan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun karena santri Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah tidak pulang saat Hari Raya Idul Adha.

 

"Bakar sate massal untuk santri ini agar mereka bisa merasakan kebahagiaan atas datangnya Hari Raya Idul Adha," ungkapnya kepada NU Online Jatim.


Tapal Kuda Terbaru