• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Bazar Muktamar NU, Ikhtiar Tingkatkan Perekonomian Nahdliyin

Bazar Muktamar NU, Ikhtiar Tingkatkan Perekonomian Nahdliyin
Sejumlah tokoh dan pejabat daerah saat berkunjung ke salah satu stand bazar Muktamar Ke-34 NU. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Sejumlah tokoh dan pejabat daerah saat berkunjung ke salah satu stand bazar Muktamar Ke-34 NU. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Panitia Muktamar bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mengadakan bazar guna menyemarakkan rangkaian Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Sai Bhumi Ruwa Jurai (Saburai), Bandar Lampung, sejak Selasa (21/12/2021) hingga Jum’at (24/12/2021).


Walikota Bandar Lampung, Hj Eva Dwiana mengatakan, kegiatan ini selain untuk menyemarakkan helatan Muktamar ke-34 NU di Bandar Lampung, juga untuk meningkatkan ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM) Nahdliyin di Indonesia, dan Bandar Lampung khususnya.


“Kegiatan ini diadakan untuk memeriahkan Muktamar ke-34 NU. Alhamdulillah, UKM kita juga naik berkat Muktamar NU ini," ujarnya.


Pihaknya menyebutkan, bazar tersebut kurang lebih diikuti oleh 125 stand dari Nahdliyin seluruh Indonesia. Ada yang dari Jakarta, dan ada pula warga lokal Bandar Lampung sendiri.


"Alhamdulillah, kegiatan ini cukup semarak. Sekitar 125 stand bazar turut memeriahkan. Yang dijual bermacam-macam, mulai dari kerajinan tangan hingga kuliner,” terangnya. 


Sementara Wafa Riansyah salah satu panitia bazar menerangkan, selain bazar Muktamar NU masih banyak kegiatan lain yang dilaksanakan di Lapangan Saburai itu. 


"Tidak hanya bazar saja, tetapi kita juga mengadakan bedah kitab bersama Gus Muwafiq dan Gus Baha," ucapnya


Tak cukup itu, menurutnya juga akan ada penampilan spesial dari Sastro Adi yang tidak lain adalah musisi senior kebanggaan Nahdlatul Ulama.


"Juga ada hiburan dari Mas Sastro Adi dan kawan-kawan, sekaligus membacakan Qosidah Muktamar karangan KH Afifudin Muhajir," tuturnya.


Di samping itu, Ketua Aswaja Center Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Misbahul Munir sangat mengapresiasi adanya bazar tersebut. Dirinya berharap, agar hal tersebut agar terus berkembang.


"Luar biasa sekali bisa mengadakan acara semacam ini. Bisa meningkatan ekonomi masyarakat sekitar dan juga membuat berkah bagi semua. Semoga bisa terus berkembang dengan baik," katanya.
 


Selain Walikota Bandar Lampung dan Ketua Aswaja Center PBNU, pembukaan bazar ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh, antara lain Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM RS Hanung Harimba Rachman, Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU KH Imam Aziz, serta pejabat daerah setempat.


Tapal Kuda Terbaru