• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Tapal Kuda

Begini Cara LAZISNU Banyuwangi Peringati Hari Pahlawan

Begini Cara LAZISNU Banyuwangi Peringati Hari Pahlawan
LAZISNU di Banyuwangi serentak melakukan ziarah makam kiai NU di 4 zona. (Foto: NOJ/ Vina)
LAZISNU di Banyuwangi serentak melakukan ziarah makam kiai NU di 4 zona. (Foto: NOJ/ Vina)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Momentum hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November tidak bisa dilewatkan begitu saja. Karena itulah, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Banyuwangi memberikan dinding di setiap ziarah ke makam para Ulama dan Kiai di Banyuwangi, Rabu (10/11).

 

"Pada hari pahlawan kali ini LAZISNU Banyuwangi melaksanakan kegiatan berziarah kepada 35 makam Ulama dan Kiai NU di Kabupaten Banyuwangi dan memberikan jam dinding di setiap makam," kata Imron Rosyadi, Ketua PC LAZISNU Banyuwangi.

 

Ia menjelaskan, ziarah makam dan pemberian jam dinding tersebut sebagai wujud terima kasih LAZISNU kepada para Ulama dan Kiai NU yang sudah mendedikasikan dirinya untuk kemaslahatan agama dan bangsa.

 

"Pada hari ini kami datang untuk ziarah dan pemberian cinderamata sebagai pengingat diri bahwasanya setiap waktu itu sangat berharga dan harus digunakan sebaik mungkin, juga mengingat akan perjuangan mereka yang selama ini berjuang untuk kemaslahatan umat," ujar Imron.

 

Acara ziarah kubur yang dimulai dengan upacara pemberangkatan di Makam KH Zaini atau di pondok pesantren Bahrul Hidayat asuhan Ketua PCNU Banyuwangi ini diikuti oleh perwakilan PC LAZISNU dan Pengurus LAZISNU MWC dan Ranting.

 

"Pada ziarah kali ini dibagi menjadi 4 zona berdasarkan tempat terdekat dari masing-masing perwakilan tersebut," ungkapnya.

 

Imron juga menuturkan, acara ziarah kubur ini bukan pertama kalinya program LAZISNU mengenang jasa pahlawan. Tetapi jauh sebelumnya, LAZISNU sudah pernah memberikan tali asih kepada veteran Banyuwangi. Selain itu juga pernah mengadakan podcast bersama veteran Banyuwangi.

 

 

"Semoga dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan LAZISNU terhadap para pahlawan menjadi refleksi bagi generasi selanjutnya dan tidak dilupakan seiring perkembangan zaman," pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru