• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Cerita Bupati Lumajang Diminta Putar Pintu Kawah Semeru

Cerita Bupati Lumajang Diminta Putar Pintu Kawah Semeru
Thoriqul Haq, Bupati Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
Thoriqul Haq, Bupati Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang, menceritakan pengalamannya beberapa bulan lalu pernah ditawari seseorang yang menawarkan diri untuk mengubah pintu kawah Gunung Semeru agar aliran laharnya tidak lagi menerjang wilayah Lumajang.

 

Hal itu ia sampaikan saat hadir dalam doa bersama peringatan 100 hari korban erupsi Semeru bersama NU Lumajang di Masjid Nurul Huda Sumbersari Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, pada Sabtu (19/03/2022).

 

"Saya disuruh menyediakan sapi hitam lima, ayam jago sepuluh. Macam-macam orang yang datang dan punya pikiran aneh-aneh. Terus saya tanya gimana caranya, katanya mengubah kawah Semeru diputar,” cerita Thoriq.

 

“Terus saya tanya lagi diputar ke mana, Pak? kata dia diputar ke Malang. Loh nanti yang kena bencana malah Malang," ungkap pria yang biasa disapa Cak Thoriq disambut tawa hadirin.

 

Permintaan itu tentu tidak digubris oleh Thoriq. Selain tidak logis, menurutnya bencana yang terjadi sudah suratan takdir yang tidak bisa dihindari. Sehingga yang perlu dilakukan adalah selalu menjaga lingkungan dan menjaga kualitas keimanan.

 

"Ini atas kehendak takdir Allah. Semeru, ya, sudah di situ itu. Masyarakat yang di Supiturang, yang di Sumbersari ini, ya, sudah itu di bawahnya Semeru, Semerunya tidak bisa dipindah," kata Thoriq.

 

Thoriq berpesan, di balik musibah yang menerpa sebenarnya banyak hikmah dan berkah yang bisa dipetik, sehingga hal itu bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat Lumajang agar semakin baik dalam bersikap.

 

"Ayo kita jaga lingkungan dan perilaku kita menjadi perilaku yang akhlaqul karimah," tandas Ketua Satuan Koordinasi Cabang Barisan Ansor Serbaguna Lumajang itu.


Tapal Kuda Terbaru