• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Tapal Kuda

Demi Regenerasi, Pelajar NU di Pasuruan Gelar Makesta

Demi Regenerasi, Pelajar NU di Pasuruan Gelar Makesta
Pelaksanaan Makesta PAC IPNU-IPPNU Nguling, Kabupaten Pasuruan demi regenerasi kader. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Pelaksanaan Makesta PAC IPNU-IPPNU Nguling, Kabupaten Pasuruan demi regenerasi kader. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nguling menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Kegiatan yang dilakukan setelah lebih lima tahun vakum ini dipusatkan di Madrasah Miftahul Ulum Sedarum Sambing, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Sabtu-Ahad (06-07/11).

 

Acara ini mengusung tema ‘Menuju Milenial Nusantara yang Berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah’. Tujuannya untuk memberikan pemahaman pentingnya organisasi, menanamkan ideologi Aswaja, dan regenerasi kader.

 

“Penyebab IPNU-IPPNU Nguling ini lama vakum karena tidak adanya regenerasi kader. Maka, melalui makesta pertama ini, kami fokus pada pengenalan materi  IPNU-IPPNU agar mereka apa dan bagaimana itu IPNU-IPPNU,” jelas Nurul Diah Utami Rahayu, ketua pelaksana Makesta.

 

Dirinya mengaku, bahwa kegiatan ini berlangsung  berkat bantuan dan dukungan sejumlah pihak. Di antaranya Muslimat NU, Fatayat NU, dan lainnya. Oleh karenanya, pihaknya bertekad untuk mengajak pelajar untuk berkhidmat di Nahdlatul Ulama melalui IPNU-IPPNU.

 

“Langkah konkrit yang akan dilakukan dalam waktu dekat ialah pembentukan dua Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU, yang diharap jadi pembuka bagi terbentuknya 10 Pimpinan Ranting lain di kemudian hari,” kata Diah.

 

Mahasiswi Universitas Terbuka itu berharap, kegiatan kaderisasi awal bagi pelajar NU yang digelar dapat memantik semangat untuk aktif berorganisasi di PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Nguling.

 

“Semoga ke depannya, kader-kader di PAC IPNU-IPPNU Nguling ini bisa terus aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lanjutan, tidak hanya numpang meletakkan nama sebagai anggota,” harap perempuan berusia 19 tahun itu.

 

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta yang meliputi tujuh peserta dari unsur IPNU dan 26 peserta dari jajaran IPPNU.


Tapal Kuda Terbaru