• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Tapal Kuda

Dengan Patungan, IPNU-IPPNU Kota Pasuruan Santuni Yatim

Dengan Patungan, IPNU-IPPNU Kota Pasuruan Santuni Yatim
Ustadz Zainullah menyampaikan sambutan pada acara yang digelar PC IPNU-IPPNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Winda)
Ustadz Zainullah menyampaikan sambutan pada acara yang digelar PC IPNU-IPPNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Winda)

Pasuruan, NU Online Jatim
Sebagai bentuk empati atas penderitaan yatim, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Pasuruan menggelar santunan. Kegiatan dipusatkan di di mushala kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Ahad (22/08/2021).

 

“Tujuan kegiatan ini untuk mengajak sesama aktivis agar semangat dalam bersedekah atau berbagi kepada sesama,” kata Ketua Departemen Dakwah PC IPNU Kota Pasuruan, Mokh Zainuri Romadhani.

 

Lebih lanjut disampaikan  bahwa acara untuk mewujudkan kepedulian khususnya kepada yatim piatu serta menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.

 

“Program ini bisa terlaksana karena semangatnya rekan-rekanita PC IPNU-IPPNU Kota Pasuruan, dalam membantu meringankan beban mereka serta dukungan para dermawan dalam hal memeberikan sebagian hartanya kepada anak yatim piatu,” jelasnya.

 

Sedangkan Ustadz Zainullah selaku pembina mengajak mengusap rambut anak yatim disertai memberi uang. Karena bila hanya mengusap tanpa diberi uang, maka tidak mendapatkan ganjaran. Kalau ternyata tidak memiliki uang tunai, bisa diganti dengan makanan. 

 

“Mengusap itu dengan penuh kasih sayang, dengan kasihan memberi. Apalagi di bulan Muharram bulan penuh berkah sangat besar pahalanya. Bila kalian membuat bunga atau kebahagiaan kepada anak kecil walaupun anak yatim maka diampuni dosanya oleh Allah,” jelasnya


Kegiatan yang mengambil tema Doamu Berkahku ini hanya mengundang kalangan terbatas. Ada Ketua PC LAZIZNU, Ustadz Zainullah sekaligus pembina PC IPNU Kota Pasuruan, Ketua IPNU Kota Pasuruan Abdurrahman Mim Masyriqi, Ketua IPPNU Kota Pasuruan Ummatus Saadah dan panita dari departemen dakwah, serta 10 yatim. 

 

Acara diawali pembacaan lailatus shalawat diiringi banjari. Setelah itu pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars IPNU-IPPNU dan Subhanul Wathan. Dilanjut sambutan, puncak acara santunan anak yatim piatu dan diakhiri penutup. 

 

Penulis: Winda Badiatul Jamilah
Editor: Syaifullah

Keterangan foto:


Editor:

Tapal Kuda Terbaru