• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

Di Pasuruan, Pelajar NU dan Pemuda Hindu Bersinergi Galang Dana

Di Pasuruan, Pelajar NU dan Pemuda Hindu Bersinergi Galang Dana
Pelajar NU dan Pemuda Hindu di Pasuruan bersinergi menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Pelajar NU dan Pemuda Hindu di Pasuruan bersinergi menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul (IPPNU) Tutur bersinergi dengan Pemuda Hindu setempat galang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru, Rabu (08/12/2021). Kegiatan dilaksanakan di lima titik, yakni Pos pertigaan Kecamatan Tutur, Polsek Tutur, Tugu Nongkojajar, Koramil Tutur dan Pasar Tutur.

 

Ketua PAC IPNU Tutur Muhammad Sodikin mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat persaudaraan, sebagaimana yang seri dipedomani warga Nahdliyin bahwa NKRI harga mati.

 

"Nah, untuk menjaga kesatuan dan persatuan kita mulai dari wilayah kita dahulu dengan harapan bisa menjadi contoh wilayah lain. Bahwa ketika kita berbicara tentang sosial kemasyarakatan kita tidak bisa membedakan ras, suku, bangsa dan agama," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Dirinya juga mengatakan, meskipun mereka non-muslim, tetapi tujuan mereka itu sama, yakni menolong saudara sebangsa dan senegara.

 

"Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan ini semua organisasi bisa bergabung keliling bersama mengadakan penggalangan dana," ujarnya.

 

Menurut Sodikin, perbedaan bukanlah penghalang untuk bersinergi dalam membantu sesama. Bahkan, hal tersebut merupakan anugerah yang luar biasa. Karena perbedaan itu menjadi kekuatan tersendiri, meski dengan kalangan yang berbeda keyakinan.  

 

Sodikin menuturkan, bahwa hasil donasi yang terkumpul, baik dalam bentuk uang, bahan pokok, maupun kebutuhan lain, akan dikumpulkan pada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pasuruan.  

 

"Penyalurannya akan diserahkan kepada LAZISNU Kabupaten Pasuruan untuk dikirimkan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru