• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Tapal Kuda

Dilantik, Pengurus Baru PC LPPNU Pasuruan Akan Fokus Selesaikan Tiga Permasalahan

Dilantik, Pengurus Baru PC LPPNU Pasuruan Akan Fokus Selesaikan Tiga Permasalahan
Pengukuhan pengurus PC LPPNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana Putri).
Pengukuhan pengurus PC LPPNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana Putri).

Pasuruan, NU Online Jatim

Jajaran Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kota Pasuruan masa khidmah 2023-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan, Senin (28/11/2023). Pelantikan dipimpin oleh Ketua PCNU Kota Pasuruan Gus HM Nailurrochman di Aula lantai 2 kantor PCNU Kota Pasuruan.

 

Gus Amak sapaan akrabnya menyampaikan, LPPNU memiliki peran vital untuk mempertahankan ketahanan pangan di daerah perkotaan sehingga segenap jajarannya diharapkan dapat aktif untuk membuat beragam inisasi serta melakukan sinergi dengan pihak-pihak yang relevan.

 

“Sebenarnya untuk sampai di tahap pelantikan ini tidak serta merta, kita sudah kerap kali memberikan panggilan, pembinaan, namun selama 3 tahun tidak banyak ada perubahan sehingga yang diperlukan adalah restrukturisasi,” tegas Gus Amak.

 

Menurut Gus Amak, bentuk perang yang akan dihadapi di masa depan bukan lagi menggunakan senjata, namun berwujud pangan. Wilayah yang memiliki ketahanan pangan yang baik itulah yang berdaulat serta memiliki kekuatan yang menyeluruh.

 

“Kita ini sangat berpotensi untuk memiliki ketahanan pangan, yang penting nanti bagaimana pengelolaan serta kebijakan-kebijakan yang mengaturnya,” katanya.

 

Sementara Ketua PC LPPNU Kota Pasuruan terpilih Muhammad Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, terdapat tiga pokok permasalahan pangan utama yang dihadapi oleh Kota Pasuruan, yakni kluster pangan yang masih rendah di wilayah perkotaan, krisis regenerasi anak muda yang mau bertani, serta urban farming.

 

“Ketahanan pangan di Kota Pasuruan sudah bagus hijau, namun di kluster perkotaan masih rendah. Anak muda yang mau bertani dan peduli akan isu-isu pertanian juga sedikit. Ini menjadi pokok permasalahan yang harus diperhatikan serta diselesaikan bersama-sama,” tandasnya.

 

Berikut susunan jajaran pengurus PC LPPNU Kota Pasuruan masa khidmah 2023-2025

Penasihat:

1.      KH. Mudhofir, M.Pd.I

2.      Muhammad Afifi, S.T

3.      Ahmad Suhaeri Nizar, S.E., M.M

 

Ketua: Muhammad Iskandar Zulkarnain, S.E

Wakil Ketua:

1.      Ir. Joko Roesmanto, M.Ec

2.      Yusub Al Ayyubi

3.      Muthoillah, S.P

 

Sekretaris: Amin Machfirdaus, S.P

Wakil Sekretaris:

1.    Akhmad Muhammad Taufik

2.    Bayu Putera Priwahyudi, S.E

3.    Rahmat Hidayat

 

Bendahara: H. Mochammad Ni`am, S.P., M.M

 

Sebagaimana dituliskan dalam Surat Keputusan (SK) yang ditetapkan pada 14 November 2023, jajaran pengurus PC LPPNU Kota Pasuruan harus amanah untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi Nahdlatul Ulama sesuai Peraturan Perkumpulan (Perkum) NU serta senantiasa berpedoman pada AD/ART dan garis kebijakan PCNU Kota Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru