• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Tapal Kuda

Ditemui Kiai Zuhri, NU Probolinggo Silaturahim ke Nurul Jadid Paiton

Ditemui Kiai Zuhri, NU Probolinggo Silaturahim ke Nurul Jadid Paiton
PCNU Kota Probolinggo saat silaturahim ke Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
PCNU Kota Probolinggo saat silaturahim ke Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo melakukan silaturahim ke Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Rabu (26/01/2022). Silaturahim tersebut diterima dan ditemui langsung oleh KH Zuhri Zaini pengasuh pesantren setempat.

 

Ketua PCNU Kota Probolinggo H Samsur mengatakan, kegiatan silaturahim tersebut dimaksudkan untuk memperkokoh hubungan Nahdlatul Ulama dengan pesantren serta menimba ilmu dan nasihat kepada ulama pesantren.

 

“Ini merupakan upaya kami untuk memperkuat hubungan dengan pesantren, serta untuk memohon arahan dan bimbingan dari ulama pesantren,” ujarnya.

 

Sementara KH Zuhri Zaini dalam kesempatan itu mengingatkan pentingnya bergerak dan usaha-usaha dalam penguatan di sektor kesehatan, ekonomi, dan politik keumatan.

 

"Semisal dalam kesehatan, selama ini warga NU ‘numpang’ terhadap layanan kesehatan milik orang lain,” ungkapnya.

 

Untuk itu, Kiai Zuhri pun menyambut gembira atas hadirnya Klinik NU di Kota Probolinggo. Sedang terkait pengembangan di sektor ekonomi Nahdliyin, ia menyebut bagian dari upaya dakwah yang perlu digalakkan di era saat ini. 

 

Kiai Zuhri menambahkan, bahwa kunci membangun perekonomian adalah kejujuran, utamanya bagi pengelola. Ia pun mencontohkan Pesantren Sidogiri yang mampu mengelola perekonomian dengan baik.

 

“Pesantren Sidogiri yang pengelolanya tidak memiliki gelar ekonomi murni, tapi mampu mengelola lembaga ekonomi secara baik karena kejujuran yang dilakukan,” tegasnya.

 

Oleh karenanya,  ia berharap peningkatan ekonomi warga menjadi fokus garapan PCNU Kota Probolinggo. Dari hal ini, nantinya juga akan bermanfaat bagi ketahanan politik keumatan yang selama ini dilakukan NU.

  

“Sektor ekonomi penting dalam menghadapi godaan politik yang dikuasai oleh para pemodal yang aman dalam perekonomiannya,” katanya.


Tapal Kuda Terbaru