• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Erupsi Gunung Semeru, Warga di Pengungsian Butuh Bantuan

Erupsi Gunung Semeru, Warga di Pengungsian Butuh Bantuan
Para pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/CNI)
Para pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/CNI)

Lumajang, NU Online Jatim

Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar sejak Selasa (1/12/2020). Sejumlah warga dievakuasi di kawasan yang aman. Mereka memerlukan perhatian dan bantuan dari berbagai kalangan.

 

Menyadari kondisi tersebut, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Lumajang dan dibantu Banser Siaga Bencana (Bagana) menyalurkan bantuan. Mereka menyapa warga di dua posko yang ada di Desa Sumberwuluh dan Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

 

Ketua Pengurus Cabang (PC) LPBINU Lumajang A M Ridlwan mengatakan ada seribu lebih warga dari berbagai desa di Kecamatan Pronojiwo yang mengungsi.

 

Di Dusun Curahkobokan, Desa Supiturang dan Desa Oro-oro Ombo Pronojiwo, kurang lebih 1203 jiwa. Mereka ditampung di lapangan Balai Desa Supit urang.

 

“Sedangkan di Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh yang terdampak kurang lebih ada 502 jiwa dan saat ini mengungsi di lapangan Kajang,” ungkapnya.

 

Disampaikan bahwa warga saat ini sangat memerlukan air bersih dan masakan siap saji. Hal tersebut karena sumber air tertutup akibat erupsi yang terjadi pada Senin dini hari.

 

“Saat ini warga sangat memerlukan masker kain, nasi bungkus atau makanan siap saji, air minum juga air bersih karena Sumber air dan sumur tertutup serta mati akibat material erupsi,” terangnya.

 

Pada saat yang sama, Direktur Eksekutif LAZISNU Lumajang Mohammad Rofiul Ulum mengajak masyarakat untuk ikut membantu warga terdampak. Bisa langsung diantarkan ke lokasi yang telah dikoordinir oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) maupun transfer dana.

 

“Bantuan bisa dikirim ke beberapa posko yang telah didirikan dan tersebar di sejumlah MWCNU, atau bisa kirim langsung ke rekening,” jelasnya.

 

Rekening yang tersedia adalah Bank Jatim: 0093016378 dan BRI: 0044-01-073836-50-7 atas nama LAZISNU Lumajang.

 

“Seluruh donasi yang dikirim akan kami laporkan,” pungkas dia.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru