• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Fatayat NU Kencong Bimbing Kader Bijak Manfaatkan Media

Fatayat NU Kencong Bimbing Kader Bijak Manfaatkan Media
Sarasehan Bijak Bermedia oleh PC Fatayat NU Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Sarasehan Bijak Bermedia oleh PC Fatayat NU Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kencong, Jember merespons banyaknya informasi hoaks di jagat maya dengan menggelar 'Sarasehan Bijak Bermedia'. Kegiatan ini dipusatkan di Aula SMK Darul Muqomah Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember pada Ahad, (02/09/2022).


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kencong KH Zainil Ghulam mengingatkan kader agar ketika mendapatkan informasi hendaknya disaring terlebih dahulu sebelum dibagikan ke orang lain.


“Kita menggunakan gawai harus smart atau cakap. Jangan sampai budaya-budaya hoaks, pamer, bullying, atau ingin eksis malah akan menjerumuskan kita menjadi pribadi yang jauh dari nilai-nilai agama,” kata Kiai Ghulam.


Sementara Ketua PC Fatayat NU Kencong Emy Fatmawati mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk mendorong para perempuan NU untuk turut memberikan edukasi literasi digital yang baik kepada keluarga, organisasi dan lingkungan sekitar.


"Makin tingginya intensitas pemakaian gadget akan jauh lebih bijaksana jika ada kontrol-kontrol yang baik agar perkembangan teknologi digital mampu membawa banyak dampak kebaikan, bukan malah sebaliknya," katanya.


Disebutkan, pihaknya memiliki agenda rutin setiap bulan pekan pertama, yaitu Arisan Fatayat (Risyat). Dalam kegiatan tersebut sekaligus mengemas program kegiatan di setiap bidang agar lebih menarik, salah satunya kegiatan tersebut.


"Pertemuan rutin kita agar tidak jenuh dan monoton. Maka, harus ada tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan di setiap pertemuan yang kita selenggarakan," tuturnya.


Senada dengan hal tersebut, Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PC Fatayat NU Kencong, Siti Mufidah menambahkan bahwa dampak negatif yang kian marak oleh akses-akses digital yang kurang bertanggung jawab adalah sesuatu yang perlu disikapi oleh berbagai pihak, khususnya Fatayat NU yang memiliki kader dengan rentan usia produktif.


"Fatayat NU harus bisa mengambil bagian dalam menyikapi akselerasi perubahan di media dengan berbagai dinamika dan dampak yang menyertainya," cetusnya.


Diketahui, kegiatan ini mengusung tema 'Urgensi Literasi Digital bagi Perempuan; Pemberdayaan Potensi dalam Menghadapi Tantangan Era Informasi Digital'. Ada dua narasumber dalam agenda ini, yaitu Ning Alhimni Fahma Dosen IAI Syarifuddin Lumajang dan Direktur JTV Firdaus Dwi Kurniawan.


Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua VII Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU Iklilyah Muzayyanah Dini Fajriyah, jajaran Muslimat NU Kencong, IPPNU Kencong serta jajaran Pimpinan Ranting (PR) hingga Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Cabang Kencong.


Tapal Kuda Terbaru