• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Gelar LKD, Ikhtiar Fatayat NU Kencong Cetak Kader Militan

Gelar LKD, Ikhtiar Fatayat NU Kencong Cetak Kader Militan
Kegiatan LKD yang digelar PC Fatayat NU Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Kegiatan LKD yang digelar PC Fatayat NU Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kencong, Jember menggelar Latihan Kader Dasar (LKD). Kegiatan yang dimaksudkan untuk mencetak kader militan yang bernafaskan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah ini dipusatkan di SMK Kelautan dan Perikanan Kecamatan Puger, Jember, Sabtu-Ahad (13-14/08/2022).


Ketua PC Fatayat NU Kencong, Emy Fatmawati mengatakan, pelaksanaan kaderisasi formal LKD sendiri merupakan kebutuhan dan kewajiban bagi peserta baru sebagai proses awal menjadi kader militan.


"LKD ini merupakan tuntutan bagi setiap organisasi untuk menghasilkan kader-kader yang mampu menggerakkan organisasi," tuturnya kepada NU Online Jatim, Ahad (14/08/2022).


Emy menilai, LKD Fatayat NU ini sangat penting dan tepat digelar guna memberikan pemahaman tentang Ahlussunnah wal Jamaah dan NU kepada kader.


“Fatayat NU sebagai salah satu banom NU harus paham terkait hal-hal tersebut. Teruslah mengabdi kepada masyarakat demi terciptanya masyarakat yang ramah dengan mengamalkan ajaran-ajaran agama yang benar,” ujarnya.


Disebutkan, berdirinya Fatayat NU tidak terlepas dari sejarah berdirinya NU sebagai organisasi induk dan sejarah Indonesia sebagai tanah air. Menurutnya, Fatayat NU merupakan wadah dalam membentuk perempuan muda Muslimah yang bertakwa, berakhlakul karimah, cakap, serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa.


“Karena saat ini banyak perempuan Muslimah NU yang tampil di berbagai bidang, baik legislatif, eksekutif, dan kementerian. Misalnya, Ibu Gubernur Khofifah, atau Umi Zahro dan Sunarsih Khoris di legislatif serta lainnya,” urainya.


Dari kegiatan LDK itu, pihaknya berharap ke depan kader Fatayat NU yang sudah menjadi pengurus lebih proaktif, serta menjadi pengurus yang militan terhadap organisasi.


"Tujuan utamanya ialah untuk mencetak kader militan yang bernafaskan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah," tandasnya.


Hadir dalam acara pembukaan, di antaranya jajaran PCNU Kencong, PC Muslimat NU Kencong, dan Banom NU lainnya. Selain itu, turut hadir anggota DPRD Jawa Timur Umi Zahro dan anggota DPRD Jember Sunarsih Khoris, serta tamu undangan lainnya.


Diketahui, kaderisasi formal Fatayat NU yang diikuti puluhan peserta ini mengusung tema ‘Membentuk Sikap dan Etika Organisasi Kader Fatayat NU yang Responsif dan Kompeten’.


Tapal Kuda Terbaru