• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Tapal Kuda

Final MTQ Tutup Rangkaian Program Ramadhan JQHNU Lumajang

Final MTQ Tutup Rangkaian Program Ramadhan JQHNU Lumajang
Pemberian hadiah lomba MTQ-MHQ anak anak tutup Program Ramadhan PC JQHNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Pemberian hadiah lomba MTQ-MHQ anak anak tutup Program Ramadhan PC JQHNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Serangkaian program Ramadhan 1443 Hijriyah yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Jam'iyyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Lumajang resmi ditutup. Hal itu ditandai dengan pembagian hadiah bagi para peserta babak final Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) tingkat anak-anak. Kegiatan dipusatkan di Perumahan Grand Zam-zam, Pasirian, Lumajang, Kamis (28/04/2022).


Ajang MTQ dan MHQ anak-anak yang didukung penuh PT Grand Zam-zam Indonesia ini diikuti ratusan peserta. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Senin (23/04/2022) lalu dan berakhir pada Kamis (28/04/2022).


“Saya berharap kegiatan ini dapat memupuk semangat anak-anak untuk menjadi Qari' dan penghafal Al-Qur'an. Serta, semoga lahan yang ditempati musabaqah jadi tempat yang barakah sebab Al-Qu'ran," kata Ketua PC JQHNU Lumajang, Gus Muhammad Ilyas.


Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam acara tersebut. Khususnya, kepada PT Grand Zam-zam Indonesia atas gagasan dan kerja sama dengan JQHNU Lumajang dalam agenda tersebut. Menurutnya, kerja sama itu diharap terus terjalin untuk giat-giat selanjutnya.


"Kritik dan saran dari jenengan untuk sukses dan sempurnanya musabaqah di tahun mendatang kami terima," imbuhnya.


Sementara itu, Direktur Utama PT Grand Zam-zam Indonesia, Ma'ruf Nidzomuddin mengaku apa yang dilakukannya semata-mata karena ingin mensyiarkan Al-Qu'ran. Sebab, Musabaqah Al-Qu'ran menurutnya juga sangat penting diadakan tidak hanya di tempat-tempat keagamaan, tapi juga penting disyiarkan di perusahaan properti.


“Di perumahan dan lingkungan perusahaan seperti ini juga harus mulai diadakan syiar-syiar Al-Qur'an. Hal tersebut tidak lain untuk mendapat barakah Al-Qur'an,” katanya.


Pengusaha muda alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo ini pun menyampaikan ucapan selamat kepada para juara dalam ajang ini. “Semoga barokah. Dan yang belum juara, tahun depan bisa ikut lagi, insyaallah kami adakan kembali," tandasnya.


Diketahui, sejak awal Ramadhan JQHNU Lumajang sudah memulai giatnya dengan MTQ dan MHQ untuk remaja yang diadakan di Gedung NU 1 Lumajang. Selain itu, ada pula Lailatul Qira'ah di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang yang dihadiri KH Mu'min Ainul Mubarok Qari' Internasional asala Tasikmalaya Jawa Barat.


Tapal Kuda Terbaru