• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 Agustus 2022

Tapal Kuda

Hadirkan Qari Internasional, JQHNU Lumajang Gelar Ragam Lomba Ramadhan

Hadirkan Qari Internasional, JQHNU Lumajang Gelar Ragam Lomba Ramadhan
Flyer Gebyar Ramadhan Berkah PC JQHNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Flyer Gebyar Ramadhan Berkah PC JQHNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Jam'iyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Lumajang bakal menggelar berbagai lomba dalam memeriahkan bulan Ramadhan 1443 Hijriyah. Selain itu, ia juga melaksanakan Lailatul Qira'ah dengan bintang tamu KH Mu'min Mubarok, Qori' Internasional.


Lomba tersebut di antaranya Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) 5 Juz, MHQ 1 Juz untuk anak-anak, dan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Remaja. Lomba tersebut akan digelar mulai tanggal 1 Ramadhan setiap malam secara bergantian hingga 17 Ramadhan 1443 Hijriyah yang diisi Lailatul Qira'ah sebagai puncaknya.


Hasan Farisi, selaku Koordinator acara mengatakan, lomba yang diadakan tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini lomba tersebut akan diadakan di studio MCN di gedung 1 PCNU Lumajang yang disiarkan dengan Live Streaming.


"Tahun ini kami lebih memprioritaskan tingkat remaja untuk MHQ dan MTQ-nya. Karena untuk memancing generasi Huffadz dan Qurra' dari lembaga formal tingkat SMP dan SMA. Untuk yang anak-anak akan kami adakan setelah 17 Ramadhan serentak di tempat berbeda," ungkapnya saat diwawancarai NU Online Jatim, Kamis (31/03/2022).


Dirinya menambahkan, umur untuk peserta MHQ dibatasi sampai umur 19 tahun, sedangkan untuk MTQ hingga umur 23 tahun. Peserta lomba diwajibkan meminta surat rekomendasi dari Pengurus Anak Cabang (PAC) JQHNU di masing-masing kecamatan.


"Ini sebagai langkah untuk menghidupkan PAC yang nanti Huffadz dan Qurra' yang ada bisa ikut juga direkrut di dalamnya. Semoga tahun depan bisa meningkat ke 10 juz, hingga nanti bisa 30 juz," imbuh pria yang juga Wakil Ketua PC JQHNU Lumajang ini.


Mengenai Lailatul Qira'ah, ia mengaku setiap bulan Ramadhan JQHNU Lumajang mengundang Qari Internasional yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam penyelenggaraannya.


"Sebelumya kita sudah mendatangkan Ustadz Darwin Hasibuan dua kali, tahun kemarin Ustadz Salman Amrillah. Dan, tahun ini kita tidak membatasi pengunjung seperti tahun kemarin, karena sudah dilonggarkan berkegiatan. Semoga diberi kelancaran," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru