• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Tapal Kuda

Innalillahi, Pendakwah Habib Abdurrahman Ba'aly Wafat

Innalillahi, Pendakwah Habib Abdurrahman Ba'aly Wafat
Pendakwah asal Probolinggo Habib Abdurrahman Ba'aly Wafat. (Foto: Istimewa)
Pendakwah asal Probolinggo Habib Abdurrahman Ba'aly Wafat. (Foto: Istimewa)

Situbondo, NU Online Jatim

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Habib Abdurrahman bin Alwy Ba'aly salah satu tokoh Ahlussunnah wal Jamaah di Kabupaten Probolinggo dikabarkan berpulang ke rahmatullah. Habib yang berasal dari Desa Alastengah, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo itu wafat  pada Jum'at (7/01/2021) pagi sekira pukul 04.00 WIB di Banyuwangi.

 

Kabar duka itu tersebar di sejumlah dunia maya para muhibbin dan masyarakat setempat. "Innalilahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah Habib Abdurrahman bin Alwy Ba'aly pagi ini," demikian isi pesan berantai yang beredar.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qodim, Desa Kali Kajar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, KH Hafidzul Hakim Noer membenarkan kabar tersebut. Disebutkan, bahwa almarhum meninggal dunia akibat komplikasi dan penyakit jantung.

 

"Beliau wafat tadi subuh pukul 04.00 WIB saat proses pengobatan di Banyuwangi,” terangnya kepada NU Online Jatim.

 

Gus Hafidz, sapaan akrabnya, merasa kehilangan dengan berpulangnya Habib Abdurrahman yang dikenal dengan cara berceramah yang jenaka. Menurut Gus Hafidz, almarhum merupakan sosok pengayom semua kalangan yang tidak tebang pilih.

 

“Banyak orang yang suka dengan ceramah-ceramahnya yang penuh humor. Saya bersaksi beliau orang yang baik," tegasnya.

 

Gus Hafidz yang juga pimpinan Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin Probolinggo ini berharap, agar perjuangan almarhum dapat dilanjutkan oleh putra-putra alamarhum.

 

“Semoga ada penerus dari putra-putra beliau yang berceramah dengan gaya seperti beliau," pungkasnya.

 

Sebagai informasi, bahwa jenazah Habib Abdurrahman bin Alwy Ba'aly dimakamkan ba'da Shalat Jum'at di kompleks pemakaman dekat kediaman almarhum.


Tapal Kuda Terbaru