• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU Probolinggo Gelar Training Public Speaking

IPNU-IPPNU Probolinggo Gelar Training Public Speaking
Training Public Speaking yang digelar oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Training Public Speaking yang digelar oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim

Usia remaja merupakan usia peralihan untuk menemukan skill, minat ataupun bakat masing-masing orang. Guna mendukung hal itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nadlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Probolinggo menggelar ‘Training Public Speaking’.

 

Kegiatan yang ini dilaksanakan selama dua hari sejak Senin (07/02/2022) hingga Selasa (08/02/2022) ini dipusatkan di Pondok Pesantren Tarbiyatus Salafiyah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.

 

Adapun pemateri yang didatangkan dalam pelatihan ini antara lain Samsul Huda, juara satu Gus Kota Probolinggo dan Syaiful, mahasiswa lulusan terbaik STAIM Kota Probolinggo. Ada pula, Siti Nurhaliza, Duta Genre Kabupaten Probolinggo sekaligus host Pantura TV, serta Nadia Fahma Awwalia, mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Mereka semuanya merupakan pengurus PC IPNU-IPPNU Probolinggo.

 

“Dalam acara kali ini dijelaskan beberapa materi dan tips berbicara agar bisa mendapat perhatian dari audien,” ujar Samsul Huda, salah satu pemateri Public Speaking.

 

Tak cukup itu, Samsul Huda menambahkan, bahwa peserta juga dibekali tips menghadapi ketakutan saat berbicara di hadapan publik.

 

"Termasuk juga cara menjadi MC formal dan non formal. Serta, cara berpidato yang baik dan benar," imbuhnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh perwakil keluarga besar Pondok Pesantren Tarbiyatus Salafiyah, Bahrul Lahut. Bahwa, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan berbicara di depan umum, termasuk pula cara menjadi MC yang baik.

 

Menurutnya, generasi muda NU perlu mendalami hal ini agar bisa menyampaikan risalah dan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) secara cakap dan mumpuni.

 

"Karena saat ini masih banyak generasi kita yang merasa canggung ketika berbicara di depan umum. Makanya, acara ini penting untuk diikuti,” tambahnya.

  

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 20 santri perwakilan dari lembaga MTs, MA, hingga pengurus Pondok Pesantren Tarbiyatus Salafiyah, Tegalsiwalan, Probolinggo.


Tapal Kuda Terbaru