• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU Puger Kenalkan Organisasi lewat Khitanan Massal Gratis

IPNU-IPPNU Puger Kenalkan Organisasi lewat Khitanan Massal Gratis
Khitanan massal gratis digelar PAC IPNU-IPPNU Puger, jember. (Foto: NOJ/Habib Azis Ar-Rozi)
Khitanan massal gratis digelar PAC IPNU-IPPNU Puger, jember. (Foto: NOJ/Habib Azis Ar-Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengenalkan organisasi di lingkungan Nahdlatul Ulama. Seperti ikhtiar Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Puger, Jember.Yakni dengan mengadakan kegiatan sosial berupa sunatan massal yang dipusatkan di Desa Grenden.


“Agenda itu digelar bermitra dengan komunitas Ikatan Remaja Santri Sabilut Taqwa atau IRSSAT Grenden dan Tim Medis Sunat Modern Jember,” kata Ketua PAC IPNU Kecamatan Puger, Vio Andika Pratama, Senin (04/07/2022).


Dijelaskan bahwa selain Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta, sunatan massal merupakan kegiatan yang harus rutin dilaksanakan. Kalau Makesta adalah proses rekrutmen awal untuk masuk ke IPNU dan IPPNU, sedangkan khitanan massal sebagai sarana pengenalan organisasi..


"Sebab dari sini peserta sunatan massal bisa menjadi calon kader-kader IPNU-IPPNU mendatang," katanya.

Disebutkannya bahwa sunatan massal sengaja dipilih pengurus untuk memperkenalkan kalangan pelajar pada IPNU-IPPNU. Sebab, menurutnya sunatan massal merupakan kegiatan sosial yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Dan pesertanya adalah merupakan calon kader dan pemimpin masa depan. Mengenalkan IPNU-IPPNU kepada mereka adalah langkah strategis bagi upaya mengenalkan salah satu badan otonom di NU tersebut. 


"Semoga dengan adanya program kemasyarakatan ini, IPNU IPPNU Puger dapat terus memberikan kebermanfaatan kepada Nahdliyin dan masyarakat pada umumnya," harap dia.


Pantauan di lokasi, setidaknya beberapa peserta mengikuti kegiatan ini secara gratis. Tidak semata mendapatkan fasilitas berupa khitan gratis, masing-masing peserta juga menerima fasilitas uang saku, perlengkapan shalat dan peralatan sekolah. Dan selama kegiatan, juga dimeriahkan dengan penampilan pentas seni oleh santriwan dan santriwati dari Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di wilayah setempat.

 

Penulis: Habib Azis Ar-Rozi


Editor:

Tapal Kuda Terbaru