• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Kediri Raya

Elemen NU Kota Kediri Bakal Adakan Khitan Gratis, Catat Tanggalnya

Elemen NU Kota Kediri Bakal Adakan Khitan Gratis, Catat Tanggalnya
Flyer khitan gratis yang diadakan elemen NU Kota Kediri. (Foto: NOJ/ Ist)
Flyer khitan gratis yang diadakan elemen NU Kota Kediri. (Foto: NOJ/ Ist)

Kediri, NU Online Jatim
Sejumlah elemen NU Kota Kediri bakal menyelenggarakan khitan atau sunat massal secara gratis pada 3 Juli 2022 mendatang. Di antara yang terlibat, yaitu NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU), Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), dan Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) setempat.


Ketua NU Care-LAZISNU Kota Kediri, Syamsuddin Ar Rasyid mengatakan, selain dikhususkan bagi yatim dan dhuafa, pelaksanaan khitan gratis ini terbuka untuk masyarakat umum Kota Kediri yang memiliki anak laki-laki yang belum disunat.


“Kami juga menerima warga dari luar Kota Kediri yang bermukim di Kediri, misalnya belajar atau mondok,” tutur Syamsuddin kepada NU Online Jatim, Selasa (07/06/2022).


Menurut Syamsudin, program tersebut dimaksudkan untuk membantu meringankan tugas para orang tua dalam melaksanakan kewajiban mengkhitan anaknya. Apalagi masyakarat daerah perkotaan biasanya mencari momen-momen tertentu dalam melaksanakan khitanan, seperti hari raya kurban atau libur sekolah.


“Kami harap agar kegiatan ini tidak hanya berhenti kali ini saja, mengingat masih banyak anak yatim dan dhuafa yang tentu mengharapkan program serupa,” sambungnya.


Disampaikan mantan aktivis PMII itu, kegiatan ini cukup menarik karena menunjukkan kesolidan antar lembaga yang dimiliki NU Kota Kediri. Menurutnya, sinergi tersebut harus terus terjalin.


“Kita siapkan sedini mungkin agar program tersebut sukses. NU Care-LAZISNU sedang melakukan penggalangan donasi, sedangkan untuk alat plus teknis pelaksanaan khitan massal ini kami serahkan sepenuhnya kepada tim medis yang profesional dari LKNU dan PDNU," ucapnya.


Syamsudin mengatakan, peserta khitan massal gratis akan mendapatkan sejumlah fasilitas, di antaranya sarung, baju, kopyah, uang saku, dan sertifikat. Terkait cara pendaftaran, masyarakat cukup membawa persyaratan berupa fotokopi kartu keluarga (KK).


Pendaftaran bisa dengan datang ke kantor PCNU Kota Kediri yang beralamat di Jalan Sriwijaya nomor 80 Kota Kediri atau menghubungi panitia di nomor 08564881284.


“Mumpung masih ada kuota silahkan bagi yang ingin mendaftar, sebelum kuota penuh,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru