• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Tapal Kuda

Kiai Zuhri: Kalimat Laa Ilaaha Illallah Pangkal Iman dalam Beribadah

Kiai Zuhri: Kalimat Laa Ilaaha Illallah Pangkal Iman dalam Beribadah
KH Zuhri Zaini. (Foto: NOJ/Faisol)
KH Zuhri Zaini. (Foto: NOJ/Faisol)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo KH Moh Zuhri Zaini mengatakan, pangkal keimanan dalam ibadah adalah kalimat Laa Ilaaha Illallah yang bukan hanya diucapkan namun, difahami, dihajati secara mendalam dan diamalkan. Penegasan itu diungkapkan Kiai Zuhri saat pengajian kitab Fathul Qarib, Riyadus Shalihin, dan Tafsir Jalalain di pondok pesantren setempat  Senin(11/07/2021).

 

"Kalimat tayyibah yang paling baik diantara yang lainnya adalah kalimat Laa Ilaaha Illallah," ujar putra kelima dari pasangan KH Zaini Mun'im dan Nyai Nafi'ah ini.

 

Menurutnya, satu-satunya tuhan yang wajib disembah adalah Allah. Sebab Allah adalah sang pencipta alam semesta termasuk manusia, yang memberi rizki, yang berkuasa menghidupkan, mematikan, menyakitkan dan menyehatkan semua makhluknya.

 

"Dari kalimat itu kita harus yakin bahwasanya Allah yang Maha Kuasa dan kepada Allah kita harus beribadah, jangan kepada yang lain," tandasnya.

 

Kiai Zuhri mengumpamakan kalimat Laa Ilaaha Illallah seperti pohon kelapa yang mengandung beribu manfaat. Menurutnya bagian pohon kelapa memiliki nilai guna tersendiri  mulai dari batangnya, daunnya, akarnya, buahnya dan lain sebagainya.

 

"Pohon kelapa itu tinggi sekalipun terkena angin kencang tidak akan tumbang, karena pangkalnya kokoh menancap di tanah, dan setiap tahun pasti ada buahnya. Artinya jika orang tauhidnya mantap pasti amalnya baik sebab iman membuahkan amal shaleh yang disebut Syu'abul Iman," ujarnya

 

Kiai Zuhri mengatakan, kalimat iman yang pokok kedua setelah kalimat Laa Ilaaha Illallah adalah kalimat Muhammad Rasulullah. Dan keduanya harus digandeng mengapa demikian? Karena manusia tidak akan mengetahui perintah Allah tanpa Nabi Muhammad Saw.

 

"Beriman kepada Allah harus disertai beriman kepada Nabi Muhammad dan disempurnakan dengan iman kepada hari akhir. Sebab jika orang tidak takut kepada kiamat dan neraka dia tidak akan berbuat baik," tutupnya.


Tapal Kuda Terbaru