• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Kiai Zuhri Zaini

Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Kiai Zuhri Zaini
KH Zuhri Zaini. (Foto: NOJ/Faisol)
KH Zuhri Zaini. (Foto: NOJ/Faisol)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, KH Moh Zuhri Zaini mengatakan bahwa jika ingin keselamatan dan kebahagiaan maka harus melakukan dua hal yakni menuntut ilmu disertai akhlakul karimah. Hal itu disampaikan pada acara Grand Closing Orientasi Santri Baru (Osabar), Senin (04/07/2022) di Aula Pondok Pesantren Nurul Jadid.

 

"Dengan ilmu kita bisa mengetahui tata cara hidup sehingga bisa membedakan yang benar dan yang baruk," katanya.

 

Lebih lanjut Kiai Zuhri mengungkapkan, agar ilmu berguna bagi masyarakat maka harus berbekal akhlak yang baik. Sebab ilmu mempengaruhi kepada kepribadian dan karakter yang dilakukan sehari-hari.

 

"Jika ada orang alim dan berilmu namun karakternya jelek maka ilmunya akan dibuat main main. Contohnya para koruptor, mereka berpendidikan tinggi dan mengetahui korupsi itu hal yang buruk, namun tidak disertai akhlakul karimah, akhirnya korupsi," ungkapnya.

 

Menurutnya jika orang memiliki kepribadian yang baik maka hidupnya akan bahagia dan selamat bahkan disenangi oleh masyarakat. Oleh karena itu ilmu tidak akan mengantarkan kepada kesuksesan apabila tidak disertai dengan akhlak yang baik.

 

"Kunci kesuksesan dan kebahagiaan dunia dan akhirat adalah mempunyai ilmu dan akhlak yang baik," ujarnya.

 

Dirinya menjelaskan bahwa Rasulullah diutus oleh Allah SWT di dunia tujuan utamanya adalah untuk membenahi akhlak. Sebab jika akhlaknya baik maka akan bisa membahagiakan orang lain.

 

"Ilmu, keterampilan dan teknologi harus berada di tangan orang yang berakhlak sebab jika jatuh kepada orang yang buruk maka akan menjadi alat kejahatan bagi para koruptor dan pembobol bank. Oleh karena itu dalam mencari ilmu kita harus membina akhlak yang baik karena itu adalah kunci kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru