• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Kunjungi Lokasi Huntara, Wapres Puji Penanganan Bencana di Lumajang

Kunjungi Lokasi Huntara, Wapres Puji Penanganan Bencana di Lumajang
KH Ma'ruf Amin, Wapres RI (baju putih) saat meninjau lokasi Huntara di Lumajang, Jumat (14/01/2022). Foto: Istimewa
KH Ma'ruf Amin, Wapres RI (baju putih) saat meninjau lokasi Huntara di Lumajang, Jumat (14/01/2022). Foto: Istimewa

Lumajang, NU Online Jatim

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH Ma'ruf Amin mengunjungi lokasi pembangunan Hunian Sementara (Huntara) untuk korban Awan Panas Guguran (APG) Semeru di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang pada Jumat (14/01/2022).

 

Dalam kunjungannyanya, Wapres memuji penanganan bencana di Lumajang sangat baik dan patut menjadi percontohan. Kiai Ma'ruf menilai, penanganan pasca bencana di Lumajang sangat cepat dan diatur dengan baik terutama masalah pembangunan Huntara.

 

"Pembangunan Huntara ini layaknya pembangunan perumahan pada umumnya (smart village) karena konsep dan pembangunan huniannya memenuhi standar. Ini patut menjadi rule model dalam penanganan bencana di berbagai daerah di Indonesia kedepan," kata Kiai Ma'ruf usai melihat langsung peta konsep Huntara yang sudah berdiri.

 

Selain konsep hunian yang sangat baik, Kiai Ma'ruf melihat akses jalan dan rencana penanganan limbahnya yang sudah diatur dengan maksimal.

 

"Saya lihat jalan antara rumahnya cukup lebar yakni 8 meter seperti perumahan, dan jalan besarnya itu sampai 26 meter sudah sangat ideal. Air minumnya sudah disiapkan dan bahkan pengolahan limbahnya juga terpadu," puji Kiai Ma'ruf.

 

Mendapat pujian dari Wapres, H Thoriqul Haq Bupati Lumajang menjelaskan, sarana prasarana di sekitar Huntara akan dilengkapi. Ia menargetkan semua Huntara bisa ditempati saat lebaran nanti, sehingga warga bisa berlebaran dengan tenang.

 

"Nanti di sini ada pasar, fasilitas kesehatan, ruang terbuka, sekolah, tempat olahraga, dan bahkan akan disiapkan beberapa usaha seperti kandang sapi terpadu dan akan disiapkan lahannya, jadi sudah sangat maju. Doakan semoga cepat selesai dan nanti lanjut membangun hunian tetap," jelas Cak Thoriq.

  

Usai meninjau pembangunan Huntara, Kiai Ma'ruf Amin menyempatkan diri berdialog dengan beberapa warga penyintas erupsi Semeru.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru