• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

LAZISNU di Jember Gandeng KUA Wujudkan Gerakan Zakat Produktif

LAZISNU di Jember Gandeng KUA Wujudkan Gerakan Zakat Produktif
Suasana sosialisasi terkait gerakan zakat produktif. (Foto: NOJ/Wildan Miftahussurur)
Suasana sosialisasi terkait gerakan zakat produktif. (Foto: NOJ/Wildan Miftahussurur)

Jember, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember menggandeng Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan setempat untuk melaksanakan gerakan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq yang dipusatkan di Aula KUA, Selasa (02/04/2024).


Ketua LAZISNU Semboro, Ustadz Anton Rofiqi mengatakan, acara ini digelar untuk meningkatkan eksistensi LAZISNU dalam pengelolaan zakat dengan transparan dan tepat sasaran. Selain itu agar dapat memberikan zakat kepada mustahiq.


“Juga bertujuan agar para penerima zakat dapat paham dalam pengelolaan zakat sehingga mampu menciptakan lapangan usaha agar produktif,” ujarnya.


Menurutnya, zakat produktif terkait dengan pemberdayaan mustahiq agar mereka dapat memiliki usaha yang berpenghasilan yang nantinya tidak hanya sekadar zakat mentah saja, namun juga sebagai modal usaha.


Ia juga menyampaikan, peningkatan pemberdayaan perlu dilakukan agar para penerima zakat dapat mengembangkan lapangan usaha sehingga zakat yang mereka terima dapat lebih besar manfaatnya. Beberapa pemberdayaan yang dapat dikembangkan penerima zakat di antaranya adalah menjadi modal usaha kecil dan menengah seperti pemberian bibit hewan di kembang biakkan menjadi hewan ternak.


“Saya kira pemanfaatan zakat yang seperti ini lebih luas manfaatnya dibandingkan sekadar zakat untuk konsumtif,” ungkapnya.


Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Semboro, Multazam menyampaikan apresiasi sekaligus berterima kasih yang besar kepada LAZISNU Kecamatan Semboro yang terus menjadi tonggak kepercayaan masyarakat yang amanah dan kredibel dalam pengelolaannya.


“Kehadiran LAZISNU ini terbukti menjadi lembaga amil yang dapat dipercayai masyarakat dalam mendermakan hartanya, dan pengelolaan yang transparan ini perlu serta harus mendapatkan apresiasi,” paparnya.


Ia menyebut, lembaga amil zakat saat ini dibutuhkan sebagai lembaga yang menyampaikan salam sosial dengan tujuan dan kinerjanya bisa memberikan manfaat dan menyejahterakan masyarakat miskin sehingga lebih berdaya.


“Program pemberdayaan yang digagas oleh LAZISNU ini senada dengan program KUA yakni sama-sama memberdayakan masyarakat, KUA Semboro siap berkolaborasi mewujudkan program kerja bersama LAZISNU,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru