• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

LDNU Kota Pasuruan Adakan Pengajian Senja Syawal

LDNU Kota Pasuruan Adakan Pengajian Senja Syawal
Ustadz Herman Felani saat mengisi materi syawal ke 4. (Foto: NOJ/Winda Badiatul Jamilah)
Ustadz Herman Felani saat mengisi materi syawal ke 4. (Foto: NOJ/Winda Badiatul Jamilah)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Pasuruan menggelar Pengajian Senja Syawal bertajuk ‘Tanda-tanda Diterima Amal Ibadah oleh Allah SWT’ yang dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Mandaranrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (13/04/2024).


Salah satu PC LDNU Kota Pasuruan, Ustadz Herman Felani menyampaikan, program ini bekerja sama antara LDNU Kota Pasuruan dengan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Panggungrejo. Adapun yang hadir kegiatan ini dari jamaah masjid tersebut dan masyarakat Desa Mandaranrejo.


"Kegiatan ini dimulai 2 syawal hingga 7 syawal 1445 H. Progam ini sebagai bentuk merespon permintaan masyarakat Nahdliyin yang ingin mendalami ilmu agama dan mengisi kegiatan syawalan,” ujarnya.


Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Qosidah Burdah, dilanjutkan dengan tawassul dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Panggungrejo yaitu KH Muniri.


Kemudian pengajian diisi oleh Ustadz Herman Felani selaku anggota LDNU sekaligus Penyuluh Agama Islam PPPK KUA Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Dilanjutkan dengan berbuka puasa syawal bersama-sama dan di tutup dengan shalat berjamaah Maghrib.


"Alhamdulillah, dari awal acara hingga hari ini berjalan sangat lancar, dan kami begitu senang melihat respon masyarakat sangat bagus terhadap acara kami," ungkapnya.


Menurutnya, respon masyarakat yang bagus itu terbukti dengan sikap mereka dalam mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Bentuk apresiasi mereka yaitu antusias ikut pengajian tersebut dengan khidmah hingga acara selesai. Kegiatan ini juga menambah wawasan agama islam Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) kepada para jamaah, terutama setelah Ramadhan.


"Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya sebagai bentuk respon masyakat, tetapi juga untuk memotivasi mereka agar setelah Ramadhan juga tetap semangat dalam beribadah,” jelasnya.


Untuk syawal ke 4 ini membahas tentang tanda-tanda amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT ada 3, yaitu tidak mengingat-ingat ibadah yang telah dilakukan, kedua mendapat pertolongan dari Allah untuk melaksanakan kebaikan-kebaikan, dan yang ketiga ikhlas dalam beribadah.


Tapal Kuda Terbaru