• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

MI di Lumajang Isi Liburan Siswa dengan Kegiatan Tilawah Bersama

MI di Lumajang Isi Liburan Siswa dengan Kegiatan Tilawah Bersama
Kegiatan tilawah bersama oleh MI Darul Ulum Desa Pandansari, Senduro, Lumajang untuk mengisi liburan siswa. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Kegiatan tilawah bersama oleh MI Darul Ulum Desa Pandansari, Senduro, Lumajang untuk mengisi liburan siswa. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum atau yang biasa disebut MIDU Desa Pandansari Kecamatan Senduro Lumajang mengisi masa liburan siswa dengan kegiatan tilawah bersama. Program kegiatan bernama Tilawah Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum (Tilmidu) ini dipusatkan di aula madrasah setempat, Ahad-Selasa (03-05/07/2022).


Kepala Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum, Imron Jalil menuturkan, kegiatan ini tidak diwajibkan untuk siswa-siswinya. Namun, meskipun demikian tidak mengurangi antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti dengan banyaknya murid hingga mencapai lima puluan lebih peserta yang ikut.


"Itu separuh dari total jumlah siswa keseluruhan. Giat Tilmidu ini diadakan 3 kali sepekan selama liburan, yaitu Ahad, Senin dan Selasa yang dibimbing Qori' dari Jam'iyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Lumajang," jelas Imron.


Imron menceritakan, madrasah yang ia kelola saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembinaan tilawah. Hal itu didorong dari kegelisahannya saat melihat dan merasakan sendiri bahwa di madrasah bahkan di Desa Pandansari tempat ia dilahirkan belum ada yang bisa tilawah atau qiro'at.


"Akhirnya, sejak 2018 kami mulai rintis dengan menggencarkan pembinaan di sini. Awalnya memang sulit, tapi lambat laun dengan komitmen tinggi kita mulai menemukan ritmenya. Dan setelah berjalan, akhirnya 11 Juni kemarin kami luncurkan dengan program resmi, yaitu Tilmidu," ungkapnya.


Imron menambahkan, selain hari libur pembinaan biasanya hanya dilakukan setiap Senin dan Selasa. Namun, setiap pagi di awal pembelajaran para siswa-siswi dibiasakan dangan membaca bersama maqra' tilawah yang telah diajarkan. Sehingga semua murid bisa melantunkan qiro’at karena pembiasaan tersebut.


"Rencananya nanti program Tilmidu ini juga akan dibuat safari, satu atau dua bulan sekali keliling ke rumah masyarakat, anak-anak nanti yang membaca dan yang lain menyimak," katanya.


Program ini menjadi daya tarik tersendiri. Antusiasme murid banyak yang didukung wali masing-masing dengan mengikuti pembinaan-pembinaan tambahan di luar madrasah. Hal tersebut karena dirasa banyak manfaat bagi masyarakat.


​​​​​​​"Alhamdulillah, untuk acara-acara di masyarakat sekarang banyak murid kita yang sudah bisa tampil. Selain itu prestasi di tingkat kecamatan dan kabupaten kita bisa mendapat juara di beberapa lomba yang kita ikuti. Terakhir siswa kita juara 2 dan harapan 1 MTQ JQHNU Lumajang. Semoga bisa istiqamah," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru