• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Bupati Lumajang: Porprov Membuat Perekonomian Warga Meningkat Pesat

Bupati Lumajang: Porprov Membuat Perekonomian Warga Meningkat Pesat
Bupati Lumajang H Thoriqul Haq saat mengunjungi stand pedagang di arena gelaran Porprov Jatim 2022. (Foto: Istimewa)
Bupati Lumajang H Thoriqul Haq saat mengunjungi stand pedagang di arena gelaran Porprov Jatim 2022. (Foto: Istimewa)

Lumajang, NU Online Jatim

Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq mengungkapkan, perekonomian warga meningkat pesat dengan adanya gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim). Gelaran tersebut diadakan di empat kabupaten, yaitu Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo. 


Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang mengatakan, peningkatan ekonomi ini betul-betul dirasakan oleh warga. Terutama bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Usaha Menengah Kebawah Masyarakat (UMKM) di Lumajang.


"Ada 630 stand UMKM dan ribuan PKL yang berdagang selama 7 hari saat Porprov VII Jawa Timur 2022, yang tersebar di 14 venue cabang olah raga di Lumajang. Penyebaran venue Porprov di beberapa kecamatan sangat terasa manfaatnya," tulis Cak Thoriq di akun facebooknya dilihat NU Online Jatim, Ahad (03/07/2022).


Menurut Cak Thoriq, hal ini membuat perputaran daya beli dan transaksi uang setiap tamu yang hadir dari berbagai daerah.


"Dari akumulasi penarikan uang di ATM dan transaksi transfer semua bank sudah mencapai RP327 miliar. Itu artinya, Porprov ini sangat memberikan peningkatan perputaran uang yang menjadi daya ungkit bagi pulihnya ekonomi," lanjut Cak Thoriq.


Selain itu, kata Cak Thoriq, ada banyak rumah yang mendadak dijadikan homestay beserta pemenuhan konsumsi selama pertandingan cabang olah raga berlangsung. Seperti rumah masyarakat yang ada di Desa Condro tempat venue sepatu roda, Desa Sumberwuluh tempat venue Paralayang, Desa Purwosono dan Petahunan untuk venue BMX Cross.


"Hotel penuh, warung makan banyak yang habis stok saat ada pertandingan, bakso laris, cilok omsetnya naik drastis. Tentu masih banyak lagi dampak manfaat yang sangat dirasakan bagi perputaran ekonomi di saat Porprov ini," ungkapnya.


"Saya dan Bunda Indah Masdar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Lumajang yang telah menjadi tuan rumah yang baik dalam Porprov VII Jatim 2022 ini," tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru