• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 Februari 2024

Tapal Kuda

1 ABAD NU

PCNU Pasuruan Gelar Napak Tilas dan Kirab Menuju Puncak Resepsi 1 Abad NU

PCNU Pasuruan Gelar Napak Tilas dan Kirab Menuju Puncak Resepsi 1 Abad NU
Flyer Napak Tilas dan Kirab Menuju Lokasi Puncak Resepsi 1 Abad NU PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ ISt)
Flyer Napak Tilas dan Kirab Menuju Lokasi Puncak Resepsi 1 Abad NU PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ ISt)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan akan melakukan Napak Tilas dan Kirab Menuju Lokasi Puncak Resepsi 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Kirab akan dilepas dari Halaman Kantor PCNU Pasuruan, Jalan Raya Warungdowo (sisi barat lapangan), Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan pukul 18.30 WIB, Senin (06/02/2023).


“Insyaallah, rombongan kirab akan diperkirakan sampai di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pukul 24.00 WIB. Bismillah,” ujar Ketua PCNU Pasuruan KH Imron Mutamakkin kepada NU Online Jatim, Jumat (03/02/2023).


Ia mengatakan, seluruh pihak yang dapat menghadiri Resepsi 1 Abad NU merupakan Nahdliyin istimewa. Musababnya bisa merasakan pergerakan NU di akhir abad kesatu dan menuju abad kedua.


“Mari berbondong-bondong hadir pada acara Puncak Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo. Semoga kita diberi kekuatan dan rezeki yang barakah sehingga dapat ikut hadir,” tandas salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Besuk, Pasuruan itu.


Merespons hal itu, Kepala Komando Pengamanan Puncak Resepsi 1 Abad NU, Dr HM Irsyad Yusuf memberikan apresiasi atas wujud syukur dan kegembiraan PCNU Kabupaten Pasuruan dalam menyemarakkan 1 Abad NU.


“Mohon para undangan dan masyarakat yang akan hadir agar mengikuti ketentuan panitia. Mengingat jumlah peserta dan padatnya acara,” imbuh Bupati Pasuruan itu.


Diketahui, Puncak Harlah 1 Abad NU diawali dengan qiyamul lail dan sejumlah ritual keagamaan. Kegiatan tersebut akan diisi dengan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna, ijazah kubra, hingga shalat berjamaah dan shalawatan bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.


Di pagi hari akan dilaksanakan agenda formal Puncak Resepsi 1 Abad NU. Diawali dengan istighasah kubro hingga sambutan dari Gubernur Jawa Timur, khutbah iftitah dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, sambutan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


Sedangkan pada siang hingga sore hari, akan digelar Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest. Untuk Karnaval akan menampilkan puluhan jenis tarian dan berlangsung di Jalan Cokronegoro, Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar, Jalan Pahlawan, dan berakhir di GOR Delta Sidoarjo.


Pada malam harinya dilakukan kegiatan hiburan rakyat yang dimeriahkan sejumlah artis dalam dan luar negeri. Di antaranya, grup band Slank yang akan berkolaborasi dengan Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor H Yaqut Cholil Qoumas, dan lain-lain.


Tapal Kuda Terbaru