• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Tapal Kuda

Pengelola Madrasah NU di Pasuruan Diharap Mampu Sikapi Kemajuan Teknologi

Pengelola Madrasah NU di Pasuruan Diharap Mampu Sikapi Kemajuan Teknologi
Pengukuhan kepala sekolah/ madrasah di bawah naungan LP Ma'arif NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Pengukuhan kepala sekolah/ madrasah di bawah naungan LP Ma'arif NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kabupaten Pasuruan menggelar pengukuhan kepala sekolah atau madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU setempat. Dalam agenda yang juga dilaksanakan pembinaan guru tersebut dipusatkan di Aula KH Ahmad Jufri Graha PCNU Pasuruan, Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Rabu (06/07/2022).


Ketua PC LP Ma'arif NU Kabupaten Pasuruan, Akhmad Farid mengatakan, bahwa salah satu tantangan dunia pendidikan saat ini adalah pesatnya transformasi digital. Menurutnya, ia hadir dalam bentuk Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity atau lebih dikenal sebagai VUCA.


“VUCA merupakan sebuah kondisi perubahan yang terjadi begitu cepat, tidak pasti, kompleks dan ambigu yang disebabkan transformasi digital atau teknologi. Oleh karena itu, kita harus menyadarinya dan menyikapi secara bijaksana,” ujarnya.


Dosen Institut Teknologi Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin (STAIS) Pasuruan itu menuturkan, konsep yang diterapkan di masa dahulu jika terus dipertahankan pada akhirnya tidak akan diminati masyarakat akibat perkembangan teknologi.


“Di era teknologi saat ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) harus dilakukan secara online. Jika tetap dilakukan secara offline, yang mendaftar kemungkinan akan sedikit. Hal ini begitu nyata terlihat karena masyarakat membutuhkan pelayanan yang instan dan tepat, dan tidak lagi konvensional,” katanya.


Untuk itu, ia menyebutkan bahwa seorang kepala sekolah atau madrasah harus memiliki visi dan misi yang sama dengan guru-guru yang lainnya. Sebab yang dibutuhkan di era saat ini bukan lagi sosok superman, melainkan super tim atau tim yang kuat.


“Jika kita memiliki visi dan misi yang sama, maka akan mempunyai semangat yang sama dalam memajukan pendidikan. Sehingga pada akhirnya visi dan misi dari kepala sekolah juga menjadi visi dan misi guru dan tenaga pendidik lainnya,” imbuhnya.


Oleh karena itu, keberadaan kepala sekolah yang baik dan dukungan dari tenaga pendidik sangat penting. Karena apabila visi dan misi sudah sama akan mempengaruhi semangat kerja antara satu dengan yang lainnya.


“Mari kita bangun visi dan misi yang sama antara kepala sekolah dan tenaga pendidik, agar bisa mencapai tujuan yang kita inginkan,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru