• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Pengurus Pesantren Sidogiri: Semoga Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Pengurus Pesantren Sidogiri: Semoga Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat
Upacara pengibaran bendera merah putih Pondok Pesantren Sidogiri. (Foto: NOJ/Makhfud Syawaludin)
Upacara pengibaran bendera merah putih Pondok Pesantren Sidogiri. (Foto: NOJ/Makhfud Syawaludin)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Baru Pondok Pesantren Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Rabu (17/08/2022).

 

Ketua II Pondok Pesantren Sidogiri, Ustadz H Saifullah Muhyiddin menjelaskan, bahwa pelaksanaan upacara bendera ini dalam rangka mengenang dan menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

 

“Berkat perjuangan para pahlawan kita dapat menikmati hdup tenteram dan damai di negeri kita Indonesia,” jelasnya saat menjadi pembina upacara.

 

Ia menambahkan, upacara bendera ini meneguhkan cinta dan komitmen Pondok Pesantren Sidogiri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesai (NKRI).

 

“NKRI dibangun di atas darah dan nyawa para pendahulu kita. Bangsa yang besar ialah mereka yang bisa menghargai jasa pahlawannya,” tambahnya.

 

Ustadz Saifullah juga mengajak peserta upacara untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

 

“Dasar-dasar negara tersebut menuntun bangsa Indonesia untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia maju. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, petugas Pemimpin Upacara adalah Kepala Bagian Ketertiban dan Keamanan (Kabag Tibkam) PPS Ustadz H Abd Rokib Saki. Kemudian petugas Pembacaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 adalah Kepala Lembaga Bahasa Arab dan Asing (LPBAA) PPS Ustadz Mahbub Sonhaji.

 

Adapun petugas Pembaca teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Wakil Kepala Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Tsanawiyah PPS Ustadz Nasihin Khozin. Sedangkan petugas Pembaca Doa adalah Guru senior MMU PPS Ustadz Mansur Nur.


Tapal Kuda Terbaru