• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Tapal Kuda

Kantor MWCNU di Bondowoso Jadi Lokasi Upacara HUT Ke-77 RI

Kantor MWCNU di Bondowoso Jadi Lokasi Upacara HUT Ke-77 RI
Upacara HUT ke-77 RI yang diadakan MWCNU Tapen, Kabupaten Bondowoso. (Foto: NOJ/ Sholahudin Ghazali)
Upacara HUT ke-77 RI yang diadakan MWCNU Tapen, Kabupaten Bondowoso. (Foto: NOJ/ Sholahudin Ghazali)

Bondowoso, NU Online Jatim 

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/08/2022). Upacara ini dilaksanakan di halaman kantor MWCNU Tapen.


Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus MWCNU, PAC Ansor, Banom NU dan seluruh kader penggerak NU se-Kecamatan Tapen.


Dalam amanatnya, KH Bakir Bahawi menyampaikan betapa pentingnya ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan sesama warga Negara. Hal ini penting untuk menumbuhkan rasa toleransi antar sesama demi mewujudkan negeri yang aman dan damai.


"Merawat kebhinekaan itu harus dimulai dari ukhuwah wathaniyah. Bagaimana pola hidup menghargai perbedaan antar sesama menjadi kunci sukses dalam ikhtiar merawat keutuhan NKRI," tegasnya.


Menurutnya, menjaga hubungan baik dengan sesama warga negara merupakan hal yang wajib ketika berada di tengah masyarakat heterogen. Termasuk hidup di Indonesia dengan beraneka ragam budaya, kepercayaan dan bahasa.


Sementara itu, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kecamatan Tapen, Imam menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan agenda upacara bendera di hari kemerdekaan jauh hari.


Hal ini bertujuan untuk memupuk rasa patriot dan nasionalisme Nahdliyin, khususnya di Kecamatan Tapen.


"Dari awal kami dan sahabat di kepengurusan Ansor sudah merencanakan untuk digelar upacara bendera. Alhamdulilah jajaran pengurus di tingkat MWCNU Tapen menyetujui apa yang sedang kami rencanakan," paparnya.


Penulis: Sholahudin Ghazali 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru