• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

Pesantren Dalwa dan Bayt Al-Hikmah Pasuruan Jadi Tempat Rukyat Hilal 1 Syawal 1445 H

Pesantren Dalwa dan Bayt Al-Hikmah Pasuruan Jadi Tempat Rukyat Hilal 1 Syawal 1445 H
Proses rukyatul hilal di Pondok Pesantren Dalwa, Bangil, Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Proses rukyatul hilal di Pondok Pesantren Dalwa, Bangil, Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Rukyatul Hilal di Pasuruan untuk penentuan 1 Syawal 1445 H akan digelar di dua tempat, yakni di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (Dalwa) Bangil dan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah. Proses rukyatul hilal tersebut akan digelar hari ini, Selasa (09/04/2024).

 

Sekretaris Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Pasuruan, Ustadz M Rusdi mengatakan, bahwa penentuan awal bulan Syawal di Pasuruan akan dilaksanakan di dua titik, yakni di Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.

 

"LFNU Kabupaten Pasuruan akan berada di Pondok Pesantren Dalwa sebagai mana wilayah kerjanya," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Ia mengatakan, sejumlah perukyat akan hadir ke Pondok Pesantren Dalwa. Di antaranya, Kemenag Kabupaten Pasuruan, LFNU Kabupaten Pasuruan, Pondok Pesantren Dalwa, serta mahasiswa UINSA Surabaya dan UIN Walisongo Semarang.

 

"LFNU sudah menyiapkan tenaga dan peralatan rukyat berupa teleskop dan theodololit yang dimiliki," jelasnya.

 

Dirinya menuturkan, bahwa pelaksanaan rukyatul hilal akan dimulai pukul 15.00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 18.00 WIB. Masyarakat yang ingin menyaksikan proses rukyatul hilal dapat mengikuti live streaming di kanal YouTube NU Pasuruan.

 

"Bagi yang ingin melihat rukyatul hilal bisa melihat di kanal YouTube NU Pasuruan dan Seputar NU Kota Pasuruan," ucapnya.

 

Sementara itu, Ketua LFNU Kota Pasuruan Ustadz Masruhin mengatakan, perukyat yang hadir di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah adalah Kemenag Kota Pasuruan dan santri perwakilan Pondok Pesantren Sidogiri.

 

"Perukyat di wilayah Kota Pasuruan yang konfirmasi hanya Kemenag Kota Pasuruan dan santri Pondok Pesantren Sidogiri," jelasnya.

 

Diketahui, untuk menuju lokasi rukyatul hilal bisa menempuh perjalanan dengan sepeda motor atau mobil, karena lokasinya yang berada di tengah sawah perkotaan. Lokasinya pun mudah dijangkau siapapun karena berada di jalur Pantura.


Tapal Kuda Terbaru