• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Tapal Kuda

PMII Inaifas Jember Peduli Korban Banjir di Malang

PMII Inaifas Jember Peduli Korban Banjir di Malang
Penggalangan dana. (Foto: NOJ/Habib)
Penggalangan dana. (Foto: NOJ/Habib)

Jember, NU Online Jatim

Hujan dengan intensitas tinggi di Malang wilayah selatan membuat aliran air sungai di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang meluap ke permukiman warga, Senin (17/10/2022). Akibatnya, terdapat enam kecamatan di wilayah tersebut yang terendam banjir.

 

Merespons hal tersebut, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember menggelar aksi penggalangan dana untuk korban terdampak banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

 

"Berangkat dari kesadaran kolektif, aksi ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada saudara-saudara kita yang ada di Malang," kata Ketua Komisariat PMII Inaifas Jember, Ahmad Fathu Fikron Musthofa saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Senin (24/10/2022).

 

Fikron menegaskan sebagai makhluk sosial, manusia memiliki hubungan dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Jember untuk turut memberikan sumbangsih sebagai bentuk kepedulian sesama manusia kepada mereka.

 

"Ini semua atas dasar kemanusiaan. Khairunnaas Anfauhum Linnas, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain," tegasnya.

 

Sementara Koordinator Aksi, Johan Effendik mengatakan aksi galang dana tersebut dilakukan selama dua hari. Yaitu pada 24 hingga 25 Oktober 2022.

 

"Alhamdulillah, masyarakat dan penggunaan jalan sangat antusias dengan adanya aksi galang dana ini," ungkapnya.

 

Pria yang menjabat Ketua Bidang Eksternal PMII Inaifas Jember ini menjelaskan, hasil penggalangan dana tersebut akan diberikan dalam bentuk bahan-bahan logistik seperti sembako, obat-obatan dan lain-lain.

 

"Untuk pendistribusian bantuan, kami masih melakukan koordinasi dengan lembaga PMII di Kabupaten Malang," tuturnya.

 

Untuk diketahui, aksi tersebut dilakukan di sepanjang ruas jalan provinsi dari perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember. Terdapat tiga titik lokasi, yaitu di Kecamatan Jombang, Kecamatan Kencong dan Kecamatan Gumukmas.


Tapal Kuda Terbaru